Thursday, 16 February 2012

Contoh Pidato

    dibawah ini adalah contoh pidato, berikut pemaparannya sebagai berikut:
Bersiaplah Menghadapi Ujian Nasional

Assalamu alaikum wr.wb.

Bapak-ibu guru yang kami hormati
Anak-anak SMA Negeri 21 Sukabumi yang bapak Cintai

Puji dan syukur pertama-tama marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada pagi hari yang cerah ini.

Anak-anakku yang bapak banggakan
Kalian mungkin sejak awal kalian sudah menyadari bahwa ada saatnya kalian masuk ke sekolah ini ada pula saatnya kalian mau atau tidak, harus keluar meninggalkan sekolah ini.

Keluar dari sekolah ini yang bapak maksud bukan kalian dikeluarkan karena kasus tertentu. Melainkan keluar karena memang kalian lulus ujian akhir.

Ujian akhir sebagaimana yang kita pahami sebagai ujian nasional merupakan penentu apakah kalian akan lulus atau tidak. Tentu kondisi ini membuat kalian bertanya-tanya dan was-was.

Siap atau tidak, tentu ujian nasional ini pasti akan datang menghampiri kalian. Dan kalian bisa menghitung waktunya dari sekarang yang sudah tidak lama lagi yakni tinggal hitungan hari. Hanya tinggal 24 hari lagi hari yang menentukan itu akan tiba dan Anda harus mau memaksa diri sendiri untuk mempersiapkan diri sejak sekarang.

Belajarlah yang rajin dan tinggalkan kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan persiapan kalian menghadapi ujian nasional ini. Kasihanilah diri kalian dengan belajar yang serius sehingga berhasil dengan gemilang.

Jangan bikin orang tua kalian malu dan tentu kalian sendiri juga dengan memperdengarkan hasil ujian yang mengecewakan kalian sendiri dan orang tua yakni tidak lulus.

Kalian harus bisa mengatur waktu lebih ketat lagi untuk mendisiplinkan diri belajar. Inilah modal kalian. Kami para guru tidak mau mendengar ada satu pun siswanya yang gagal ujian nasional.

Bapak-ibu guru yang kami hormati
Anak-anak SMA Negeri 21 Sukabumi yang bapak Cintai

Marilah kita pahami bersama betapa pentingnya persiapan yang harus ditempuh untuk sukses menghadapi ujian nasional. Bersiaplah menghadapi ujian nasional yang sebentar lagi akan tiba.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan:
Pertama, Belajarlah yang rajin mulai dari sekarang. Belajarlah lebih keras lagi sehingga kalian merasa benar-benar yakin bahwa kalian sudah menguasai semua materi yang mungkin akan keluar pada soal ujian nasional. Ikutlah bimbel atau pelajaran tambahan yang di adakan di sekolah.

Kedua, Jaga kesehatan. Kesehatan juga sangat penting yang harus kalian jaga. Jaga pola makan. Jaga tubuh kalian dari kemungkinan-kemungkinan yang akan mengundang celaka. Janga ugal-ugalan membawa motor khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan menelang ujian ansional nanti. Apa jadinya saat ujian nasional tiba jika kalian berbaring sakit.

Ketiga, Minta Doa Orang Tua. Do'a adalah unsur penting yang tidak boleh kalian lewatkan. Minta maaf kepada orang tua kalian dan minta do'anya agar kalian di beri kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian nasional nanti.

Jangan terpengaruh isu-isu yang membuat kalian jadi tidak belajar karena mendengar bahwa guru-guru akan membantu Anda saat ujian nasional nanti. memang isu ini sudah tidak asing lagi sudah ada diberbagai berita media masa. Biarkanlah semua itu terjadi dan Anda fokus untuk mempersiapkan ujian nasional.

Sekian apa yang bapak sampaikan. Semoga kalian semua nanti diberi kelancaran dalam menempuh ujian nasional dan semoga menjadi orang-orang sukses di masa depan. Mohon maaf jika ada kata-kata bapak yang tidak berkenan. Semoga ada manfaatnya buat kalian dan semoga ini menjadi renungan kalian.

Wassalamu 'alaikum wr.wb.




Contoh Pidato Cita-cita
Pidato
Pidato
Contoh pidato ini ber tema Cita-cita
Judul : Seberapa Besar Cita-citamu Menentukan Seberapa Besar Kesuksesanmu

Contoh pidato ini bisa Anda gunakan pada pidato upacara hari senin atau pidato upacara bendera. Juga contoh pidato ini bisa juga di pakai untuk pidato motivasi. Semua tergantung pada acara apa Anda sebagai pembicara.

Contoh pidato ini bisa Anda sempurnakan lagi. Bisa di tambah atau dikurangi atau di perbaiki redaksinya saja. Semua terserah Anda sehingga bisa sesuai dengan yang Anda harapkan. Bisa jadi ada bagian contoh pidato yang tidak perlu menurut Anda maka Anda tinggal menghilangkannya. Atau sebaliknya Anda bisa menambah point-point tertentu yang Anda anggap bisa menjadi lebih lengkap.

Dibawah ini adalah contoh pidato yaitu sebagai berikut:

Assalamu alaikum wr.wb.

Bapak-ibu guru yang saya hormati
Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 32 Bekasi yang bapak banggakan

Puji dan syukur pertama-tama marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Ketika masih kecil masih ingat dalam angan-angan bapak, beberpaka orang pernah bertanya, apa cita-citamu setelah besar nanti;

Yang tergambar dalam benak bapak ketika ditanya seperti itu adalah “terbayang bahwa bapak menjadi seseorang yang begitu membanggakan, dikagumi banyak orang dan mampu memberikan manfaat bagi orang lain, inti-nya jadi orang yang begitu heroik dan mulia".

Yang mungkin angan-angan itu hamper sama antara satu orang dengan orang lainnya, yang membedakan adalah konsep dan terjemahan-nya untuk menjadi apa, akhirnya ada jawaban yang berbeda menurut padangan dan pola pikir masing-masing.

Kalian juga mungkin pernah ditanya oleh beberapa orang dengan pertanyaan yang perisis seperti yang dilontarka kepada bapak. Diantara kalian mungkin ada yang ingin menjadi Dokter, Tentara, Polisi, Hakim, Jaksa, Guru, Presiden, Menteri dan sebagainya. Dimana semua itu ada sebuah bentuk manifestasi dari sebuah keinginan dan angan-angan dimasa kecil.

Mungkin suatu saat kalian akan menemukan sebuah kenyataan bahwa tingginya cita-cita akan semakin tinggi juga tingkat keberhasilan seseorang.

Dalam mewujudkan cita – cita tersebut asalkan kita berupaya dengan segala kesungguhan hati dan keteguhan jiwa tentu cita-cita bukan satu yang rumit dan merupakan perwujudan dari keleluasaan serta kedewasaan berpikir.

Memang tidak ada yang mudah, tetapi sudah pasti semua itu mungkin di capai oleh siapapun termasuk kalian. Sudah banyak informasi yang menceritakan kesuksesan seseorang padahal terkesan hal itu tidak mungkin ia capai tetapu fakta berkata lain.

Mereka mampu mewujudkan cita-cita mereka. Karenanya kokoh kan cita-cita kalian jangan sampai berubah meskipun pada kenyataannya sangat mustahil untuk kalian gapai. Biarkan saja kenyataan sekarang pahit namun cita-cita kalian tidak boleh tergoyahkan dan biarkan nyala dikepala kalian.

Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 32 Bekasi yang bapak banggakan
Hal-hal yang bisa kalian lakukan dalam mewujudkan cita-cita tersebut adalah :
•    Yakin dan Percaya, dengan selalu ingat dan berserah diri pada Tuhan Yang Maha Esa yang disertai dengan usaha dan tindakan.
•    Tahu Kemampuan Diri, cita – cita kadang tidak tercapai karena terlalu memaksakan diri tidak dapat melihat kemampuan kita sampai dimana, kita harus menyadari akan kelebihan dan kekurangan kita sehingga dalam menetapkan langkah dalam mencapai cita – cita tidak akan salah.
•    Berpikir Luas, dengan ikhlas hati mau menerima nasehat dan petuah sehingga semakin menambah wawasan kita dalam menetapkan cita – cita tersebut.
•    Belajar dari pengalaman, karena pengalaman adalah sesuatu yang berharga dan merupakan guru yang baik dalam kehidupan, maka manusia harus bisa dan mempu mengambil hikmah dari apa yang telah dilakukan dimasa lalu, sehingga dapat menentukan arah yang tepat dalam menggapai cita – cita tersebut.
•    Jangan putus asa, tidak setiap cita – cita dan keinginan itu berhasil, maka kita harus tahu diri dan tidak cepat berputus asa, karena putus asa akan menghancurkan cita – cita itu sendiri, kegagalan anggaplah sebagai suatu keberhasilan yang tertunda.
•    Jangan Lengah, untuk mencpai suatu keberhasilan dalam hidup hendaknya kita selau waspada dengan bersikap siap dan tanggap dalam berbagai hal, kesempatan itu ibarat kekasih, hanya orang yang selalu memperhatikan yang dihampiri, namun jika kita terlambat akan disambut yang lebih tanggap dan siap, dan perlu diingat bahwa kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya.
•    Ingat jasa orang lain, dalam hidup ini kita tidak dapat berjalan sendiri tentunya harus interaksi sama orang lain, dan tidak akan mungkin kita berhasil tanpa bantuan dari orang lain, maka sekecil apapun bantuan dari orang lain itu kita mesti selalu mengingat dan mengenangnya yang dikemudian hari pasti akan bermanfaat.

Jika tujuh hal diatas kalian mampu melaksanakannya, dengan sepenuh hati disertai dengan ke-ikhlas-an dan kepasrahan pada Yang Maha Kuasa, maka cita-cita kalian yang didamba-dambakan akan bisa terwujud. Hanya tinggal menunggu waktu.

Semoga kalian diberi kekuatan untuk terus maju setahap demi setahap dalam menggapai cita-cita kalian. Sekian dulu dari bapak. Semoga apa yang bapak sampaikan dapat bermanfaat buat kita semua. Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan.

Wassalamu 'alaikum wr.wb. 
    Demikian pembahasan mengenai contoh-contoh pidato, semoga memberikan manfaat pembaca sekalian... 

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home