Kumpulan artikel tentang ekonomi dan ilmu ekonomi serta akuntansi dan manajemen

Ciri-Ciri Wirausahawan Sukses

    Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Ciri-Ciri Wirausahawan Sukses. Oleh karena itu, di bawah ini akan dibahas mengenai Ciri-Ciri Wirausahawan Sukses yaitu sebagai berikut:

     Manusia memiliki bermacam karakter. Ada yang merasa cukup puas dengan pekerjaan rutin yang memberikan penghasilan tetap, walaupun jumlahnya pas-pasan. Tipe manusia yang demikian jika terjun menjadi wirausahawan kemungkinan besar tidak akan berhasil. Di lain pihak ada yang mempunyai karakter seperti tidak suka diperintah, tetapi ingin memerintah. Dia tidak pernah merasa puas dengan keadaan yang ada. Dia selalu ingin mengubah nasibnya. Dia selalu ingin tantangan. Orang dengan karakter seperti itu, kemungkinan besar akan sukses bila menjadi wirausahawan.
    Tidak semua orang dapat menjadi wirausahawan walaupun keadaan di luar dirinya seperti modal, peluang, dan situasi memungkinkan. Untuk menjadi wirausahawan yang sukses, kuncinya bukan hanya modal, peluang, dan situasi, tetapi adalah mental dan pribadi seseorang. Mental dan pribadi yang dimaksud adalah mental dan pribadi yang andal, tangguh, dan unggul.
1. Ciri-Ciri Wirausahawan yang Andal
     Wirausahawan yang andal adalah wirausaha yang mempunyai semangat, sikap perilaku, dan berkemampuan yang cukup baik untuk dapat memulai, memiliki, dan mengelola perusahaan yang risikonya tidak terlalu besar dan kegiatan usahanya masih sederhana. Jadi, ciri dan kemampuan wirausahawan yang andal adalah sebagai berikut.
a. Memiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri yang tinggi untuk berusaha mendapat penghasilan dan keuntungan. Rasa percaya diri dan sikap mandiri merupakan suatu aspek yang dapat membuat seseorang menjadi andal.
b. Mau dan mampu mencari serta menangkap peluang usaha yang menguntungkan dan melakukan hal-hal yang perlu untuk memanfaatkannya.
c. Mau dan mampu bekerja keras dan tekun tuntuk menghasilkan barang atau jasa, serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efisien. Kemauan untuk bekerja keras dan selalu mencari metode cara kerja baru sangat diperlukan oleh seorang wirausaha yang andal.
d. Mau dan mampu berkomunikasi dalam melakukan tawar-menawar dan bermusyawarah dengan berbagai pihak untuk hasil yang efektif dan eifisien.
e. Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana, jujur, hemat, dan disiplin.
f. Mencintai kegiatan usaha dan perusahaannya secara lugas dan tangguh, tetapi cukup luwes dalam melindunginya.
g. Mau dan mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan kapasitas perusahaan dengan memanfaatkan dan memotivasi orang lain serta melakukan perluasan dan pengembangan usaha dengan risiko yang moderat.
h. Mampu mengenal dan mengendalikan lingkungan serta menggalang kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan.
2. Ciri-Ciri Wirausahawan yang Tangguh
     Wirausahawan tangguh adalah wirausahawan yang mempunyai semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan yang sangat baik untuk dapat mendirikan, memiliki, dan menangani perusahaan yang risikonya cukup besar serta kegiatan usahanya.cukup kompleks. Julukan wirausahawan tangguh diberikan kepada orang yang telah memenuhi persyaratan sebagai wirausahawan andal. Adapun ciri-ciri dan kemampuan wirausahawan tangguh adalah sebagai berikut.
a. Berpikir dan bertindak secara bijak dan adaptif terhadap perubahan dalam mencari peluang, termasuk menanggug risiko yang agak besar dalam mengatasi masalah.
b. Selalu berusaha untuk mendapat keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan pelanggan.
c. Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan (dan pengusahanya) serta meningkatkan kemampuan pengendalian dengan sistem internal.
d. Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan, terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja serta pemupukan permodalan.
3. Kualifikasi Wirausahawan yang Unggul
Tokoh Wirausahawan Sukses
Tokoh Wirausahawan Sukses
    Wirausahawan yang unggul adalah wirausahawan yang mempunyai semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan yang sangat baik untuk dapat mendirikan, memiliki, dan menangani perusahaan yang risikonya besar, serta kegiatan yang kompleks. Ciri dan kemampuan wirausahawan yang unggul adalah ciri dan kemampuan wirausahawan tangguh ditambah ciri dan kemampuan berikut ini.
a. Berani mengambil risiko dan mampu menghadapinya dengan penuh perhitungan, serta berusaha untuk menghindarinya.
b. Selalu berupaya mencapai dan menghasilkannya karya bakti yang lebih baik untuk langganan, pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa, dan negara.
c. Antisipasi terhadap perubahan dan akomodatif terhadap lingkungan.
d. Kreatif mencari dan menciptakan peluang pasar serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
e. Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra perusahaan melalui inovasi dalam berbagai bidang.

Demikian pembahasan mengenai Ciri-Ciri Wirausahawan Sukses, semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian....
    
Ciri-Ciri Wirausahawan Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ekawati Zainuddin

0 komentar:

Post a Comment