Joseph Alois Schumpeter

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas tentang biografi Tokoh Joseph Alois Schumpeter. Pembahasan tentang Joseph Alois Schumpeter yaitu sebagai berikut :

     Joseph Alois Schumpeter lahir pada tanggal 8 Februari 1883. Ia adalah seorang ahli ekonomi dan tokoh politik Austria. Masa kuliah dijalaninya di University Wina yang saat itu dipimpin oleh Eugen von Bohm-Bawerk, seorang kapitalis Austria. Gelar PhD dari universitas tersebut diperolehnya pada tahun 1906. Kemudian ia menjadi professor ekonomi dan pemerintahan di Universitas Czernowits  pada tahun 1909 dan di Universitas Graz pada tahun 1911.
Joseph Alois Schumpeter
Joseph Alois Schumpeter
     Selama periode 1919-1920, Schumpeter masuk ke dalam jajaran pemerintahan Austria, yakni menduduki jabatan sebagai Menteri Keuangan. Kemudian selama periode 1920-1924, ia memimpin Biederman Bank. Ia pun menjadi pengajar di Universitas Bonn, Jerman, selama periode 1925-1932 dan Harvard selama periode 1932-1950.
    Tulisannya dalam sebuah buku berjudul Capitalism, Socialism, and Democracy ditujukan untuk mendukung kapitalisme. Dalam buku tersebut ia menyebutkankapitalisme sebagai "creative destruction". lebih lanjut, ia menilai kapitalisme sebagai sistem ekonomi yang terbaik.
     Salah satu teorinya yang terkenal hingga kini adalah tentang kewirausahaan. Teori tersebut menyatakan bahwa inovasi dan teknologi suatu negara dapat berkembang melalui kewirausahaan. Menurutnya, kewirausahaan memiliki peran penting dalam perekonomian. Ia juga mencetuskan suatu teori tentang demokrasi. Idenya mengenai demokrasi adalah suatu mekanisme persaingan di antara para pemimpin dalam suatu perekonomian.

Demikian pembahasan mengenai Joseph Alois Schumpeter. Semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.


google adsense
Blog, Updated at: 22:56

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers