Manfaat Jurnal Khusus

       Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Manfaat Jurnal Khusus, berikut ini akan dijelaskan manfaat jurnal khusus, yaitu memungkinkan pembagian pekerjaan, memudahkan pemindahbukuan ke akun besar, memungkinkan pengendalian Internal yang lebih baik, dan menghemat biaya.
a. Memungkinkan pembagian pekerjaan (spesialisasi)
    Jurnal umum yang mencatat semua transaksi pada satu jurnal sulit membagi pekerjaan secara baik. Lain halnya dengan jurnal khusus. Pembagian pekerjaan dapat dilakukan dengan baik karena terdapat beberapa jurnal sesuai jenis transaksinya. Jadi, bagi perusahaan yang besar sangat mungkin satu orang menangani satu atau dua jurnal. Mungkin saja hanya satu orang pegawai yang diberi tugas mencatat jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas. Ini akan mendorong adanya spesialisasi dalam penanganan pekerjaan sehingga hasilnya semakin baik.
b. Memudahkan posting ke akun buku besar
    Salah satu tujuan penyelenggaraan jurnal khusus adalah agar lebih mudah atau lebih praktis melakukan posting ke buku besar. Mengapa lebih mudah? Karena jurnal khusus dipindahkan ke akun buku besar secara berkala. Jadi, tidak perlu setiap terjadi transaksi langsung diposting ke buku besar.
c. Memungkinkan pengendalian Internal yang lebih baik
    Pengendalian internal akan lebih baik apabila hanya satu orang petugas yang menangani satu atau dua jurnal khusus. Bandingkan dengan satu orang yang menangani semua jurnal.

Jurnal Khusus
Jurnal Khusus
d. Menghemat biaya
     Menggunakan jurnal khusus memungkinkan penghematan biaya karena dapat menghemat kertas dan tenaga. Dengan jurnal umum, untuk 100 kali transaksi yang sama dibutuhkan 100 kali posting ke akun buku besar. Sedangkan pada jurnal khusus, posting dapat dilakukan satu kali saja.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Jurnal Khusus, semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian..Wassalam.


google adsense
Blog, Updated at: 16:07

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers