Friday, 6 February 2015

Pengertian Manajemen

    Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian Manajemen, di mana dalam pengertian ini terdiri dari pengertian Manajemen ditinjau dari segi seni (Art), pengertian manajemen ditinjau dari segi Ilmu pengetahuan dan pengertian manajemen ditinjau dari segi proses. berikut akan dijelaskan point-point tersebut.

    Banyak pendapat yang dikemukakan para ahli tentang pengertian Manajemen. Pendapat-pendapat tersebut berbeda satu sama lain. Perbedaan itu terjadi karena adanya perbedaan tinjauan tentang manajemen itu sendiri. Berikut ini dikemukakan pengertian manajemen yang ditinjau dari beberapa segi.

1. Pengertian Manajemen Ditinjau dari Segi Seni (Art)
     Pengertian amanajemen ditinjau dari segi seni dikemukakan oleh Mary Parker Follet. Follet mengatakan bahwa manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

2. Pengertian Manajemen Ditinjau dari Segi Ilmu Pengetahuan
     Pengertian manajemen ditinjau dari segi ilmu pengetahuan dikemukakan oleh Luther Gulick. Gulick mengatakan bahwa manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

Manajemen
Manajemen
3. Pengertian Manajemen Ditinjau dari Segi Proses
    Pengertian manajemen ditinjau dari segi proses dikemukakan oleh James A.F. Stoner. Stoner mengatakan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.
    Dari berbagai pengertian manajemen di atas, dapat kita rumuskan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi lainnya dan proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Manajemen terdiri dari Pengertian Manajemen ditinjau dari segi Seni (Art), pengertian manajemen ditinjau dari segi ilmu pengetahuan, dan pengertian manajemen ditinjau dari segi proses, semoga tulisan ini, bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home