Tuesday, 3 February 2015

Pengertian Wirausaha dan Wirausahawan (Entrepreneur)

Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai apa itu Wirausaha dan Wirausahawan (Entrepreneur)?

      Istilah wirausaha identik dengan wiraswasta. Kata wiraswasta berasal dari wira yang berarti utama, gagah, luhur, berani atau teladan; swa berarti sendiri; sta berarti berdiri; dan swasta berarti berdiri di atas kaki sendiri.
       Bertolak dari asal kata tersebut di atas, wirausaha dapat diartikan sebagai suatu keberanian untuk memulai suatu usaha atas kekuatan diri sendiri. Pengertian diri sendiri bukan berarti bahwa seseorang bekerja sendirian, tetapi lebih menekankan pada ciri dan watak kemandirian dalam menjalankan usaha.
      Vernon A. Musselman dan John H. Jackson mengatakan bahwa wirausaha (wiraswasta) adalah menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. Dalam definisi itu ada kata mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha. Jadi, dalam konsep wirausaha terdapat kemauan menanggung risiko dan keberanian memulai usaha.
      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, seorang wirausaha (wirausahawan) adalah orang yang pandai mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkan produk baru, dan mengatur permodalan perusahaan.
wirausaha
wirausaha
       Menurut Encyclopedia of Americana, entrepreneur (wirausahawan) didefinisikan sebagai seseorang yang berani mengambil risiko dengan menyatukan berbagai fungsi poduksi, termasuk modal, bahan baku, tenaga kerja, dan menerima imbalan dalam bentuk laba dari nilai pasar yang dihasilkannya.
        Josep A. Schumpeter dalam bukunya The Theory of Economic Development mengartikan wirausahawan sebagai orang yang memiliki respons kreatif terhadap lingkungan perekonomian, yang membuatnya sebagai pusat dari pengembangan bahan baku. Pada bukunya yang lain yaitu Capitalism, Socialism, and Democracy, Joseph A. Schumpeter memberi arti wirausahawan sebagai orang yang selalu mencoba dan melakukan kemungkinan peluang bisnis yang baru dan belum pernah dicoba sebelumnya. Peluang itu adalah memproduksi komoditas baru atau komoditas lama dengan cara baru, mengorganisasi ulang sebuah industri dan membuka pasar baru atau mengeksploitasi penemuan baru. Menurutnya, wirausaha memiliki fungsi utama sebagai inovator.
     Menurut Geoffrey G. Meredith, wirausahawan adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan usaha (bisnis), mengumpulkan berbagai sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan darinya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan bahwa dia akan sukses.
     Dari beberapa definisi atau pengertian dari para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa wirausahawan adalah orang yang pandai menangkap peluang dan berani menanggung risiko, sanggup bekerja keras, percaya diri, memiliki bakat untuk memimpin, haus akan prestasi, berorientasi pada tugas dan hasil, serta mudah membuat penyesuaian dalam menjalankan usaha.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Wirausaha dan Wirausahawan (Entrepreneur), semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian, Wassalam.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home