Tuesday, 3 February 2015

Peran Wirausaha dalam Perekonomian

   Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Peran Wirausaha dalam Perekonomian, sebagaimana kita ketahui bahwa wirausaha sangat berperan penting dalam perekonomian kita, karena dengan adanya wirausaha, dapat memperluas lapangan pekerjaan, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, dengan menurunnya tingkat pengangguran berarti dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan perekonomian negara kita.
     Peran sumber daya manusia (SDM) sangat dominan dalam menentukan keberhasilan dan kemajuan suatu bangsa dibandingkan dengan pengaruh sumber daya alam yang melimpah. Sebagai contoh adalah Jepang. Jepang miskin dalam pemilikan sumber daya alam, tetapi Jepang dapat tumbuh menjadi negara raksasa di bidang ekonomi. Mengapa hal itu bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena mutu sumber daya manusia Jepang secara rata-rata jauh lebih unggul dibandingkan masyarakat negara lainnya. Kemajuan yang luar biasa di Jepang didapat melalui orang-orang berjiwa kecil, kemudian berubah menjadi perusahaan menengah dan akhirnya menjadi perusahaan raksasa.
Peran Wirausahawa dalam Perekonomian
Peran Wirausahawa dalam Perekonomian
     Para wirausahawan mempunyai peranan penting dalam menggairahkan kegiatan perekonomian. Mereka berusaha mencari terobosan baru dalam menghasilkan suatu barang. Dalam proses produksi, mereka tentu membutuhkan tenaga kerja, sehingga bisa memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat luas. Para pekerja pun mendapatkan gaji yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam rangka mencapai kemakmuran. Para wirausahawan juga berperan dalam upaya meningkatkan pendapatan nasional. Mereka bisa menyumbang kenaikan pendapatan nasional melalui berbagai komoditas yang berhasil diekspor dan pembayaran pajak kepada pemerintah.

Demikian pembahasan mengenai Peran Wirausaha dalam Perekonomian, semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian..Wassalam.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home