Friday, 6 February 2015

Prinsip-Prinsip Manajemen

Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Prinsip-Prinsip Manajemen, pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas Pengertian Manajemen. Prinsip-Prinsip Manajemen terdiri 14 unsur yaitu pembagian kerja, otoritas, disiplin, kesatuan perintah, kesatuan arah, mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi, pemberian upah, pemusatan, jenjang jabatan, tata tertib, kesamaan, kestabilan staff, inisiatif, dan semangat korps.

Berikut ini adalah 14 prinsip manajemen yang dikemukakan oleh Henry Fayol.

1. Pembagian Kerja (Division of Labor)
    Pembagian kerja harus dipikirkan agar mengarah pada spesialisasi. Semakin seseorang terspesialisasi, semakin efisien dan efektif orang tersebut melaksanakan pekerjaan.

2. Otoritas/Wewenang (Authority)
    Dalam pelaksanaan tugas, manajer harus memberi perintah kepada bawahan untuk menyelesaikan pekerjaan. Meskipun manajer memiliki otoritas untuk memerintah, ia tidak akan selalu mendapat respons yang positif dari bawahan. Hal ini dapat terjadi jika ia tidak memiliki otoritas pribadi, misalnya keahlian yang sesuai.

3. Disiplin (Discipline)
    Anggota organisasi harus patuh pada aturan dan kesepakatan yang menjadi rambu-rambu organisasi. Menurut Henry Fayol, disiplin merupakan hasil kepemimpinan yang baik di semua jenjang organisasi. Misalnya, tiap tahun diberikan penghargaan pada pegawai yang selalu hadir tepat waktu dan memberi teguran kepada pegawai yang bermalas-malasan.

4. Kesatuan Perintah (Unity of Command)
    Setiap karyawan hanya mendapat satu perintah untuk suatu pekerjaan. Henry Fayol mengatakan kalau seorang karyawan harus bertanggung jawab kepada beberapa atasan akan dapat mengakibatkan petunjuk yang bertentangan dan otoritas yang membingungkan.

5. Kesatuan Arah (Unity of Direction)
    Kegiatan-kegiatan dalam organisasi yang mempunyai tujuan sama sebaiknya ditangani seorang manajer dengan menggunakan satu perencanaan saja. Sebaiknya, pada suatu perusahaan jangan sampai satu pekerjaan ditangani oleh dua orang karena bisa mengakibatkan kesimpangsiuran.

6. Mengutamakan Kepentingan Bersama di atas Kepentingan Pribadi (Subordination of Individual Interest to the Common Good)
    Pada setiap organisasi, kepentingan organisasi secara keseluruhan harus lebih penting dibanding kepentingan perorangan.

7. Pemberian Upah (Renumeration)
    Pemberian balas jasa harus adil, baik untuk karyawan maupun untuk perusahaan.

8. Pemusatan (Centralization)
    Pengambilan keputusan yang banyak menggunakan pertimbangan atasan disebut sentralisasi. Sebaliknya, pengambilan keputusan dengan menampung aspirasi bawahan disebut desentralisasi. Henry Fayol percaya bahwa manajer harus memikul tanggung jawab terakhir, tetapi ia harus memberi otoritas yang cukup agar bawahan dapat mengembangkan diri. Namun, yang terpenting adalah menentukan jenjang sentralisasi atau desentralisasi yang terbaik.

9. Jenjang Jabatan (The Hierarchy)
    Jenjang jabatan dalam suatu organisasi sering digambarkan dengan garis-garis yang rapi dalam bagan organisasi. Bagan ini menunjukkan kedudukan manajer dari puncak sampai ke jenjang bawah.

10. Tata Tertib (Order)
     Sarana dan manusia harus berada di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat. Khususnya manusia. Manusia harus berada pada pekerjaan yang cocok baginya.

11. Kesamaan (Equity)
     Para manajer harus bersahabat dan adil terhadap semua bawahannya.

12. Kestabilan Staff (Stability of Staff)
     Perputaran karyawan yang terlalu sering tidak baik bagi kelancaran kegiatan perusahaan.

13. Inisiatif (Initiative)
     Bawahan harus diberi kebebasan untuk membuat dan menjalankan rencananya, walaupun bisa saja ada kesalahan.

14. Semangat Korps (Esprit de Corps)
     Menggalakkan semangat kerja sama kelompok dapat menimbulkan rasa bersatu. Menurut Henry Fayol, faktor sekecil apapun dapat membantu menumbuhkan semangat. Ia menyarankan untuk lebih menggunakan komunikasi lisan daripada tertulis atau komunikasi formal sepanjang hal itu memungkinkan.
Prinsip-Prinsip Manajemen
Prinsip-Prinsip Manajemen

Demikian pembahasan mengenai Prinsip-Prinsip Manajemen, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home