Saturday, 30 May 2015

Hakikat, Tujuan, Dan Ruang Lingkup ISBD

Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Hakikat, Tujuan, dan Ruang Lingkup ISBD.  Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai Hakikat, Tujuan, dan Ruang Lingkup ISBD yaitu sebagai berikut :

Ilmu sosial budaya dasar (ISBD) merupakan salah satu dari sekian banyak mata kuliah yang diajarkan kepada peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi. Terkhusus di Universitas Negeri Makassar, ilmu sosial budaya dasar (ISBD) merupakan mata kuliah umum yang diekspektasikan mampu memberikan pencerahan atau bekal utama bagi peserta didik atau mahasiswa di dalam melakukan aktivitasnya baik di internal kampus maupun di dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian penting yang tak terlepaskan dengan komponen masyarakat lainnya. Selain itu, mata kuliah umum Ilmu Sosial Budaya Dasar juga diekspektasikan sebagai salah satu support moral bagi peserta didik untuk menunjukkan jati dirinya sebagai "The Young Generation" agar tetap komitmen terhadap pengembangan, kelestarian, dan proteksi nilai-nilai keakademikannya, keilmiahan, dan keintelektualannya dalam bersosialisasi dengan masyarakat disekitarnya. Mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar merupakan satuan pembelajaran yang diberikan pada tingkat perguruan tinggi yang dalam ketentuan sebelum tahun 2000 dibedakan atas mata kuliah dasar umum (MKDU), mata kuliah dasar keahlian (MKDK), dan mata kuliah keahlian (MKK). Hal tersebut didasarkan pada Kepmendikbud no. 056/U/1994. Berdasarkan kepmendiknas No. 232/U/2000 tertanggal 20 Desember tentang pedoman pienyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa dalam Widyosiswoyo (2001), maka mata kuliah dikelompokan sebagai berikut :


Ilmu Sosial Budaya Dasar
Ilmu Sosial Budaya Dasar
  1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKK; adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  2. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK; adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditunjukkan terutama untaduk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu.  
  3. Mata Kuliah Keahlian berkarya (MKB); adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan  kekaryaan berdasarkan ilmu dan keterampilan  yang di kuasai.
  4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB);  adalah  kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang di perlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan keilmuan dan keterampilan yang di kuasai.
  5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB);adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang di perlukan seseorang untuk memehami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
Demikian pembahasan mengenai Hakikat, Tujuan, dan Ruang Lingkup ISBD. Semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home