Peranan Organisasi Koperasi Dalam Menyukseskan Pembangunan

Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Peranan Organisasi Koperasi dalam Menyuksekan Pembangunan. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai Peranan Organisasi Koperasi Dalam Menyukseskan Pembangunan yaitu sebagai berikut :

Dalam era pembangunan sekarang inipun peranan koperasi Indonesia adalah sangat besar, karena pelaksanaan pembangunan pada hakekatnya yang terpenting harus dimulai dari bawah (dari golongan ekonomi lemah), yang mana para usahawan kita yang umumnya keadaan ekonominya relatif lemah itu tinggal di pedesaan-pedesaan, padahal segala sesuatu yang terkandung di dalamnya adalah merupakan tulang punggung perekonomian negara.

Berkembangnya KUD-KUD di pedesaan-pedesaan diseluruh pelosok tanah air kita, ternyata telah dapat :
  1. meningkatkan segala jenis produksi pertanian secara pesat,
  2. swasembada bahan pangan secara garis besarnya telah tercapai sehingga beberapa produk bahan pangan yang biasanya diimpor telah dihentikan,
  3. ekspor hasil bumi dari tanah air kita menunjukkan trend yang meningkat, dengan demikian persediaan devisa untuk melanjutkan usaha-usaha pembangunan-pembangunan dapat selalu bertambah,
  4. meningkatkan kecerdasan dan keterampilan para petani kita sehingga kegairahan kerja, kegairahan untuk meningkatkan produk-produknya yang makin bermutu telah dapat terpupuk dan terwujudkan dengan baik.
  5. meningkatkan income para petani sehingga mereka mampu memperbaiki taraf hidupnya dan melakukan pembangunan desa-desanya atas kesadaran sendiri,
  6. meningkatkan dan mengembangkan usaha-usaha penduduk di pedesaan, sehingga usaha mereka tidak hanya terbatas pad abidang pertanian saja, melainkan juga pada bidang industri yang berjenis-jenis  dan yang mutunya pun telah dapat diandalkan. Hal ini berarti pula bahwa di pedesaaan terbuka kesempatan kerja yang cukup banyak.
Dianjur-anjurkannya koperasi oleh pemerintah agar dapat berkembang pada segala macam usaha masyarakat, selain karena kemampuan dan peranan-peranannya dalam menyukseskan pembangunan seperti telah diterangkan di atas, juga karena koperasi sangat sesuai dengan ajaran Pancasila yang menjadi dasar kehidupan seluruh bangsa Indonesia dan pencari jalan ke luar (way out) dari segala tantangan-tantangan hidup. Untuk jelasnya dapat dikemukakan sebagai berikut :
Peranan Organisasi Koperasi Dalam Menyukseskan Pembangunan
Peranan Organisasi Koperasi Dalam Menyukseskan Pembangunan

a. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa :
    Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menghormati semua keyakinan agam adalah merupakan keharusan dari segenap rakyat Indonesia. Ajaran dan norma-norma agama yang murni selalu membimbing para penganutnya untuk berbuat baik, toleransi dan giat bekerja memanfaatkan pemberian-pemberian Tuhan yaitu segala sesuatu yang terkandung di dalam bumi, air dan ruang angkasa.
   Secara kenyataan dan kesadaran para anggota koperasi telah didasari untuk hiduo rukun antara sesamanya, penuh ketoleransian, tidak membeda-bedakan agama ataupun suku, jujur dan giat bekerja, mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi, menjauhi dan menghilangkan itikad-itikad burukm sehingga segala daya upaya dan perjuangannya untuk mencapai tujuan yang mulia selalu diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Pemurah.

b. Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab:
    Rasa kasih sayang terhadap sesama manusia menjadi dasar pergaulan hidup segenap rakyat Indonesia sejak nenek moyang kita dahulu hingga sekarang dan bahkan dengan diabadikannya hak itu dalam Pancasila maka generasi ke generasi selanjutnya harus tetap memiliki rasa kasih sayang tersebut. Dalam rasa kasih sayang tersebut selalu terdapat hasrat yang ikhlas untuk menolong, membantu, meringankan segala keksulitan dan penderitaan hiduo orang lain dengan segala cara dan upaya serta apa yang dimilikinya, tanpa pamrih. Dalam koperasi rasa kasih sayang antara sesama anggota dipupuk semakin kuat, mereka bersatu dalam satu wadah untuk saling tolong-menolong dalam wujud suatu usaha, yang ahasilnya dimanfaatkan guna kepentingan bersama, meningkatkan kesejahteraan bersama dan juga masyarakat di sekeliling daerah kerjanya.

c. Sila Persatuan Indonesia (Kebangsaan):
   Bhinneka Tunggal Ika merupakan perjuangan segenap rakyat Indonesia sejak zaman Sriwijaya dan Majapahit yang dipertegas oleh para pemimpin kita dalam perjuangannya merebut kemerdekaan dan terwujud dengan lahirnya "Semangat dan Nilai-Nilai Perjuangan 1945". Semangat dan Nilai-Nilai Perjuangan '45 selalu menjadi pegangan segenap rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke untuk mempertahankan, mengisi, melaksanakan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam hal ini koperasi sejak didirikannya di Indonesia (tahun 1908) merupakan salah satu alat dan wadah bagi terciptanya persatuan rakyat Indonesia, bersatu dalam perjuangan dan berusaha, yang pada hakekatnya terdiri dri berbagai jenis tetapi tujuannya satu, yaitu masyarakat adil dan makmur yang menyeluruh berdasarkan Pancasila. Rapat anggota yang merupakan kekuasaan tertinggi dalam tubuh koperasi, telah menjelaskan kepada kita tentang demikian pentingnya persatuan itu, segala sesuatu yang menjadi keputusan rapat anggota menjadi satu kesatuan tindak atau gerak segenap anggotanya, sehingga koperasi menjadi "sokoguru" perekonomian bangsa Indonesia.

d. Sila Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan:
   Demokrasi di negara kita adalah demokrasi Pancasila, dimana setiap rakyat terjamin kebebasannya untuk menyatakan pendapat dan kehendak, setiap rakyat memounyai hak yang sama, dimana pendapat dan kehendak itu diperbincangkan bersama dalam satu permusyawaratan, sehingga lahirlah satu kemufakatan, yang selanjutnya menjadi satu kebijaksanaan. yang harus dijalankan oleh semua, dijunjung tinggi dalam satu kekompakan.

Dalam koperasi setiap anggota mempunyai hak satu suara, semua rata masing-masing satu suara, masing-masing mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Segala masalah yang dihadapi koperasi diselesaikan dengan secara musyawarah, sehingga lahir suatu kesepakatan yang berlaku dan atau harus ditaati dan dijalankan oleh setipa anggotanya.

e. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia:
   Dalam sila keadilan sosial tercantum makna bahwa hasil-hasil materiil dan spiritual yang dicapai pemerintah dengan kegotongroyongan segenap rakyat Indonesia dalam pembangunan, harus dapat dinikmati secara merata oleh segenap rakyat Indonesia, tiap-tiap warga Negara Indonesia mempunyai hak menikmatinya yang kayak diperlukan bagi kemanusiaan yang sesuai dengan nilai dharma-bhaktinya yang telah diberikan kepada bangsa dan negara. Dengan demikian setiap warga negara Indonesia dapata merasakan tentang keadilan sosial tersebut, dengan cara mempertahankan pada dirinya sendiri " Samapai sejauh manakah sumbanganku terhadap perjuangan/usaha masyarakat dan Negara?"

Koperasi sebagai alat perekonomian memupuk dengan baik tentang keadilan dalam masyarakatnya, setiap anggota berhak atas pembagian sisa hasil usaha koperasinya sesuai dengan jasa-jasa usahanya terhadap koperasi.

 Dengan uraian-uraian di atas maka terbuktilah dengan jelas bahwa koperasi sangat sesuai dengan ajaran-ajaran Pancasila, sangat mantap untuk dikembangkan sebagai alat pembangunan ekonomi untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang menyeluruh berdasarkan Pancasila.

Demikian pembahasan mengenai Peranan Organisasi Koperasi Dalam Menyukseskan Pembangunan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.


google adsense
Blog, Updated at: 23:35

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers