Tuesday, 22 September 2015

Cara Menghilangkan Jerawat

   Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Cara Menghilangkan Jerawat. Pembahasan mengenai Cara Menghilangkan Jerawat yaitu sebagai berikut.

     Jerawat merupakan masalah yang sering dihadapi setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Jerawat atau sering disebut dalam bahasa medisnya acne vulgaris dan merupakan masalah klasik kulit wajah (dahi, hidung, dan pipi). Mengapa bisa muncul jerawat? penyebab terjadinya jerawat dapat disebabkan karena faktor hormonal, yang merupakan penyebab jerawat membandel yang terbesar biasanya terkait dengan masalah hormonal pada usia remaja. Pada umumnya jerawat dimulai pada usia 10 hingga 15 tahun dan akan hilang memasuki usia 25 tahun, namun pada sekitar 7% orang, jerawat berlanjut hingga usia 40 tahun, bahkan 50 tahun. Selain itu, penyebab munculnya jerawat yaitu malasnya seseorang membersihkan rambutnya serta terlalu sering mengkonsumsi minuman yang bersoda.

     Ada beberapa tips untuk menghilangkan jerawat yaitu sebagai berikut.
a. Cucilah wajah secara rutin. Mencuci wajah setidaknya 2 kali dalam sehari akan membantu menghilangkan minyak pada permukaan kulit yang bisa mengakibatkan bakteri penyebab jerawat hidup dan berkembang biak.
b. Basuhlah wajah secara perlahan. Jangan  menggosok wajah secara berlebihan karena dapat merusak permukaan kulit dan meningkatkan produksi minyak di wajah sekaligus memperparah jerawat.
c. Pakailah kosmetik/make up yang cocok dengan wajah yang sesuai juga termasuk salah satu. Sebab, mapabila kosmetik yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit wajah, misalnya kulit wajah yang berminyak menggunakan kosmetik khusus kulit wajah kering, tentunya cepat menimbulkan jerawat di wajah.
d. Konsumsilah sayuran dan buah, karena mempunyai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Dengan kulit yang sehat, jerawat sulit tumbuh dan berkembang di wajah.
e. Minumlah air putih yang banyak. Meminum air putih minimal 8 gelas per hari akan membuat kulit selalu sehat dan segar.
f. Tidurlah dengan cukup. Biasakanlah tidur yang cukup dan jangan biasakan diri untuk tidur terlalu malam atau begadang  hingga pagi hari. Sebab, saat tidur, kulit pun beristirahat dan membuang racun-racun yang berbahaya bagi kulit, termasuk kuman-kuman. Sehingga keesokan harinya setelah mandi, kulit terasa segar kembali.

       Cara menghilangkan jerawat ada beberapa cara yaitu cara menghilangkan jerawat dengan cara alamiah maupun cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan kimia. Namun, kali ini saya akan membahas cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami yaitu sebagai berikut.

 1. Apel
     Buah Apel selain baik untuk kesehatan, juga baik untuk perawatan kecantikan dari dalam maupun dari luar. Buah Apel mengandung vitamin A, B, C, dan G, kalium, kalsium, fosfor, sodium, silikon, magnesium, belerang, khlor dan asam malat. Buah Apel bermanfaat untuk melindungi kulit, mengurangi kerut, dapat meremajakan dan menghaluskan kulit, serta membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.  
     Adapun cara menghilangkan jerawat dengan buah Apel yaitu sebagai berikut.
  1. Cucilah lobak secukupnya, kemudian parutlah lobak tersebut dan ambil airnya. 
  2. Tambahkan cuka apel sedikit dan campur hingga rata. 
  3. Oleskan pada jerawat, diamkan hingga mengering.
  4.  Setelah kering, bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi.
   Adapun masker untuk menghilangkan jerawat yaitu sebagai berikut.
Bahan:
  1. 1/2 buah apel
  2.  1/2 buah jeruk lemon yang diperas airnya
  3. beberapa tangkai seledri
Cara membuat masker:
     Blender apel dan beberapa tangkai seledri, lalu tambahkan perasan air jeruk lemon. Oleskan masker tersebut pada jerawat. Diamkan hingga mengering. Lalu bilas bersih. Seledri bermanfaat untuk membantu mengurangi pembengkakan jerawat.

Adapun perawatan untuk mengatasi bekas jerawat yaitu sebagai berikut.
Cuka apel (apple cider vinegar) dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat lama. Karena kondisi kulit setiap orang berbeda, sebelum mencobanya ke wajah, coba dulu sedikit pada bagian leher untuk mengetahui reaksi kulit kita. Jika kulit kita tidak menunjukkan reaksi alergi, lakukan perawatan dengan cara berikut, celupkan kapas ke dalam cuka apel (apple cider vinegar), lalu oleskan ke wajah. Bilas bersih dengan air dingin.

2. Mentimun
    Mentimun bermanfaat untuk  menghaluskan kulit wajah, mendinginkan dan mengencangkan kulit. Selain itu, mentimun berkhasiat untuk memutihkan kulit, sebagai astringent untuk mendinginkan kulit, mengencangkan pori, mengencangkan jaringan tubuh, menambah kandungan air pada kulit dan baik untuk perawatan kulit sensitif. Mentimun berkhasiat juga untuk mengatasi mata sembap. Zar-zat yang terkandung pada mentimun sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mentimun mempunyai Ph yang hampir sama dengan Ph kulit sehat. Untuk perawatan kulit, mentimun berkhasiat sebagai pembersih kulit, untuk mengurangi noda pada kulit wajah, menghambat penuaan, mengencangkan kulit dan menghilangkan keriput. 
   Buah mentimun mengandung zat yang dapat membuat kulit menjadi putih dan mampu menyegarkan kulit yang terkena sengatan panas matahari. Mentimun selain berkhasiat untuk mengatasi kulit terbakar matahari, mengatasi jerawat, mengatasi bengkak di seputar mata, serta mencegah kerut di wajah.
    Adapun cara menghilangkan jerawat dengan buah mentimun yaitu sebagai berikut.
a. Siapkan mentimun segar, iris tipis.
b. Tempelkan irisan  mentimun di bagian kulit wajah yang berjerawat selama 15 menit-20 menit. 
c. Basuh wajah dengan air mineral dan ulangi 3-4 kali sehari sampai jerawat hilang. 
   Selain itu, adapu cara lain dalam menghilangkan jerawat yaitu dengan cara mentimun dijus lalu dimaskerkan  ke wajah selama 30 menit, jika sudah kering, basuhlah dengan air dingin. Untuk membantu menyembuhkan jerawat dari  dalam, perbanyak makan buah mentimun segar atau minum jus mentimun. 
   Adapun cara membersihkan jerawat dan kotoran yaitu sebagai berikut.
a. Campur mentimun yang telah dihaluskan dengan madu secukupnya.
b. Sebelum tidur malam,  basuhlah wajah dengan air hangat hingga bersih lalu keringkan. 
c. Oleskan  campuran tersebut ke seluruh kulit wajah secara merata dan biarkan hingga mengering.
d.  Setelah mengering, bersihkan dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari setiap  akan menjelang tidur.

3.  Tomat
     Tomat banyak mengandung vitamin C yang bisa menyegarkan wajah dan menghilangkan jerawat. Kita bisa memotong tomat yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian lalu tempelkan pada wajah yang berjerawat kemudian diamkan selama 30 menit. Untuk hasil yang maksimal lakukanlah 2-3 kali seminggu.

4. Jeruk Nipis
    Jeruk nipis sejak dulu sudah dipercaya untuk kesehatan wajah dan juga ampuh dalam menghilangkan jerawat. Siapkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dicampur  dengan madu lalu diaduk rata. Oleskan campuran perasan jeruk nipis dan madu ke wajah yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air. Lakukanlah selama 2-3 kali seminggu.

5. Bawang Putih
    Banyak yang tidak mengetahui bahwa salah satu bumbu dapur ini bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya iris beberapa siung bawang putih secukupnya lalu oleskan pada jerawat. Diamkan selam 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air.

6. Putih Telur
     Bagi beberapa orang kadang tidak suka dengan bau amis yang ada di putih  telur ini, tetapi ternyata banyak sekali manfaat putih telur. Selain untuk kecantikan bisa mengencangkan kulit dan menghilangkan jerawat. Caranya yaitu dengan mengambil 1 telur kemudian pisahkan kuning telur dan putih telurnya, gunakan putih telur yang sudah dipisahkan tadi untuk maskeran. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih.
   
Cara Menghilangkan Jerawat
Cara Menghilangkan Jerawat

Demikian pembahasan mengenai Cara Menghilangkan Jerawat. Semoga tulisan mengenai Cara Menghilangkan Jerawat dapat bermanfaat bagi pembaca.
 

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home