Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro. Pembahasan mengenai Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro yaitu sebagai berikut.

     Inti ilmu ekonomi adalah mengakui realitas kelangkaan, lalu memikirkan cara mengorganisasi masyarakat dalam suatu cara yang menghasilkan pemanfaatan sumber daya ekonomi yang paling efisien. Disinilah ilmu ekonomi memberikan konribusinya (sumbangannya) yang unik.
    Pengkajian ilmu ekonomi dilakukan dalam dua tingkatan. Pertama, kita dapat mengkaji berdasarkan keputusan rumah tangga individual dan perusahaan. Kita dapat mengkaji interaksi rumah tangga dan perusahaan di pasar untuk barang dan jasa tertentu. Kedua, kita dapat mengkaji operasi perekonomian secara menyeluruh yang merupakan kumpulan dari semua pengambil keputusan di semua pasar.
       Teori ekonomi yaitu bagian ilmu ekonomi yang menjelaskan mekanisme kegiatan ekonomi. Teori ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu Teori Ekonomi Mikro dan Teori Ekonomi Makro.
 
Teori Ekonomi Makro dan Teori Ekonomi Mikro
   Dalam mempelajari tingkah laku ekonomi dikembangkan dua pola dasar analisis yang berbeda tetapi saling melengkapi. Teori ekonomi makro mempelajari perekonomian nasional secara keseluruhan dan komponen-komponen yang pokok (agregates), seperti para konsumen diperlakukan sebagai satu unit saja yang disingkat RTK. Demikian pula dunia usaha dijadikan satu kelompok besar. Dengan cara demikian kita memperoleh suatu gambaran tentang struktur dasar perekonomian nasional dan hubungan-hubungan  pokok yang terdapat di dalamnya. Maka, ekonomi makro membahas hal-hal seperti hasil produksi nasional total, tingkat kesempatan kerja, tingkat harga, jumlah uang beredar, investasi total, ekspor total, pendapatan nasional, laju inflasi, dan sebagainya.
    Ilmu ekonomi mikro mempelajari satuan-satuan ekonomi tertentu/khusus dan perilaku satuan-satuan terkecilnya. Ibaratnya suatu bagian kecil ekonomi nasional ditaruh dibawah mikroskop (mikro=kecil). Kita pelajari perilaku sebuah perusahaan atau cabang usaha tertentu dan memusatkan perhatian pada hal-hal seperti pasar untuk satu jenis barang tertentu, pendapatan faktor produksi tertentu, teori harga dan alokasi sumber dayaekonomi, serta distribusi pendapatan di antara para pemilik faktor produksi.

Teori Ekonomi Mikro
    Bidang ilmu ekonomi yang mempelajari bagaimana rumah tangga individual atau persuahaan mengambil keputusan, dan melakukan interaksi di pasar tertentu, disebur ekonomi mikro. Kajian ekonomi mikro antara lain; bagaimana harga suatu barang terbentuk? Bagaimana menentukan harga tanah, harga tenaga kerja (upah)? Bagaimana menentukan harga modal (bunga)? Bagaimana produksi mencapai tingkat paling efisien? Bagaimana perusahaan memperoleh laba maksimum? Bagaimana konsumen memperoleh kepuasan maksimum?

Teori Ekonomi Makro
    Bidang ilmu ekonomi yang mengkaji fenomena perekonomian secara menyeluruh atau luas misalnya inflasi, pengangguran dan pertumbuhan ekonomi disebut ekonomi makro. Saat ini ekonomi makro mengkaji berbagai bidang yang luas, misalnya Bagaimana total investasi dan konsumsi ditentukan? Bagaimana Bank Sentral mengelola uang dan suku bunga? Apa penyebab krisis moneter? Mengapa beberapa negara maju berkembang pesat sementara yang lain mengalami stagnasi (kemandegan)?
     Untuk membedakan antara teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro dalam kegiatan perekonomian suatu negara seperti dikutip dari Joesron dan Fathorrozi (2003), setidaknya dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu aspek harga, unit analisis, dan tujuan analisis.

a. Aspek Harga
    Dalam teori ekonomi mikro, yang dimaksud dengan harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja). Adapun dalam teori ekonomi makro, harga dihubungkan dengan tingkat harga secara keseluruhan (agregat).

b. Unit Analisis
     Dilihat dari unit analisisnya, teori ekonomi mikro hanya membahas kegiatan ekonomi secara individual, misalnya permintaan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar penerimaan, biaya produksi, dan laba rugi. Adapun dalam teori ekonomi makro lebih banyak dibahas tentang kegiatan ekonomi secara keseluruhan (agregat), seperti pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan pengangguran. Akan tetapi, unit analisis teori ekonomi makro bukan merupakan dari teori ekonomi mikro.

c. Tujuan Analisis
    Tujuan analisis ekonomi mikro lebih memfokuskan pada upaya pemecahan terhadap bagaimana mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat. Adapun teori ekonomi makro, lebih banyak menganalisis pengaruh  kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara menyeluruh.
    Berikut disajikan tabel perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro yaitu sebagai berikut.
Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro
Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro
  Demikian pembahasan mengenai Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro. Semoga pembahasan mengenai Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro ini memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.


google adsense
Blog, Updated at: 04:52

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers