Manajemen Sebagai Ilmu

    Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Manajemen Sebagai Ilmu. Pembahasan mengenai Manajemen Sebagai Ilmu yaitu sebagai berikut.

    Suatu ilmu pengetahuan dapat didefinisikan sebagai suatu kumpulan pengetahuan yang disistematisasi, yang dihubungkan dengan kebenaran-kebenaran umum yang meliputi subjek, objek, dan studi tertentu. Kumpulan pengetahuan tersebut bersifat objektif dan bebas dari prasangka-prasangka.
      Alat untuk menemukan pengetahuan baru yang dipakai dalam bidanh manajemen, yaitu metode ilmiah. Pendekatan ini dapat dinyatakan sebagai eksperimen yang dikendalikan. Hal tersebut terdiri atas tindakan-tindakan yang telah digariskan dengan jelas yang harus diikuti dengan urutan yang tepat. Secara singkat dapat dinyatakan bahwa metode ilmiah membenarkan atau membantah dalil tertentu dengan jalan menyelenggarakan eksperimen, observasi. klasifikasi, dan generalisasi.
     Manajemen ilmiah (scientific management) adalah manajemen yang ditandai dengan penggunaan ilmu pengetahuan pemikiran serta penemuan para ahli. Bila seorang manajer menggunakan pengetahuan serta metode ilmiah dalam planning, organizing, actuating, dan controlling, dapat dikatakan bahwa ia adalah seorang manajer ilmiah.
    Manajemen ilmiah disebut juga manajemen modern karena manajer modern selalu mencari yang lebih baik, lebih efisien dan yang baru. Pemikirannya tidak terkekang oleh cara-cara yang ada melainkan terbuka untuk penemuan-penemuan baru (inovasi) demi diperolehnya peluang-peluang baru (new oppurtunities) sehingga tercapai sukses. Suatu usaha diputuskan untuk dimulai pelaksanaannya, dengan keyakinan berdasarkan pengetahuan dan perhitungan bahwa segala kegiata yang terjadi sesuai dengan yang dikehendaki dan tercapai semua sasaran dan tujuan akhir sehingga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya.

     Manajemen ilmiah dan modern diawali oleh Frederick W. Taylor (1895-1955), yang telah melakukan penyelidikan-penyelidikan secara ilmiah dan banyak memberikan sumbangan ke arah penggunaan ilmu pengetahuan dalam bidang manajemen dan perkembangan manajemen ilmiah. Taylor telah melakukan studi eksklusif mengenai mesin-mesin, alat-alat, perkakas-perkakas, bahan-bahan, dan metode-metode yang seharusnya digunakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan sehingga terkumpul data tentang waktu kerja mesin-mesin, proses gerak dalam melakukan pekerjaan tangan, agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah, tetapi dengan hasil yang maksimal.
     Penerapan penyelidikan yang mendalam, eksperimen yang terkendali dan penafsiran yang cermat dari data-data yang diperoleh, akan memberikan landasan yang dapat dipercaya bagi determinasi serta evaluasi yang digunakan oleh para manajer, sehingga apa yang menjadi sasaran dapat dicapai.

Manajemen Sebagai Ilmu
Manajemen Sebagai Ilmu
Demikian pembahasan mengenai Manajemen Sebagai Ilmu. Semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.


google adsense
Blog, Updated at: 07:43

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers