Monday, 21 September 2015

Pengertian Inflasi

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian Inflasi. Sebagian besar dari kita pernah mendengar kata inflasi. Meskipun ada di antara kita hanya mendengarkan kata inflasi tanpa mengerti artinya tetapi kalau 
 
Pengertian Inflasi
    Inflasi merupakan suatu peristiwa ekonomi dimana nilai uang lebih rendah dari biasanya, sekalipun jumlahnya besar. Kenapa dikatakan rendah, karena kemampuan belinya tidak seperti biasanya. Apa sebabnya, karena menurut istilah ekonomi peredaran uang atau uang yang beredar terlalu banyak. Sehingga nilainya menurun. 
    Menurut Bambang Widjajanta dan Aristanti Widyaningsih, inflasi merupakan proses kenaikan harga-harga umum secara terus-menerus. Inflasi akan mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat, karena secara riil tingkat pendapatannya juga menurun. Misalnya, besarnya inflasi pada tahun yang bersangkutan naik sebesar 7%, sementara pendapatan tetap, hal itu berarti secara riil pendapatan mengalami penurunan sebesar 7% yang akibatnya relatif akan menurunkan daya beli sebesar 5%. Inflasi bisa membuat keadaan ekonomi menjadi lebih sulit, masih perlu didiskusikan.
    Inflasi didefinisikan sebagai kenaikan harga secara umum yang terus-menerus. Ada dua kata yang harus kita maknai secara mendalam dalam definisi itu, yaitu secara umum dan terus-menerus. Yang dimaksud secara umum, kenaikan harga terjadi pada sebagian besar harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat luas. Jadi, kenaikan harga barang dan jasa hanya menyebabkan inflasi jika kenaikan harga barang dan jasa  hanya menyebabkan inflasi jika kenaikan barang dan jasa itu terjadi pada barang dan jasa yang dikonsumsi masyarakat luas. Kenaikan harga barang dan jasa dikonsumsi oleh sebagian kecil masyarakat tidak akan menyebabkan inflasi. Sebagai contoh, meskipun dalam satu hari terjadi kenaikan harga bola golf sebesar 100%, ini tidak akan menyebabkan inflasi. Sebaliknya, jika terjadi kenaikan harga yang kecil saja pada beras, dan itupun terjadi dalam satu bulan, boleh jadi angka inflasi akan tinggi. Mengapa ini bisa terjadi? sebab, beras dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Itulah sebabnya mengapa pemerintah perlu membuat kebijaksanaan yang ketat pada komoditi beras ini, misalnya pupuk subsidi, harga beras dikendalikan dan lain sebagainya.
Pengertian Inflasi
Pengertian Inflasi

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Inflasi. Semoga tulisan tentang Pengertian Inflasi memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.
 
 
 

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home