Saturday, 19 September 2015

Pengertian Wirausaha

    Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian Wirausaha. Pembahasan mengenai Pengertian Wirausaha yaitu sebagai berikut.

    Istilah wirausaha identik dengan wiraswasta. Istilah ini relatif masih baru. Munculnya pada tahun tujuh puluhan saat bangsa Indonesia memulai pembangunan ekonomi melalui Pelita demi Pelita. Salah seorang tokoh yang mempopulerkan istilah ini adalah Dr. Suparman Sumahamijaya dalam bukunya Membina Sikap Mental Wiraswasta
     Kata wiraswasta berasal dari:
Wira   : utama, gagah, luhur, berani, teladan
Swa    : sendiri
Sta      : sendiri
Swasta: berdiri di atas kaki sendiri atau berdiri di atas kemampuan sendiri
    Selanjutnya disebutkan, wiraswasta = sifat-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.
    Bertolak dari ungkapan etimologi di atas, dapat diperoleh pengertian Wiraswasta adalah "keberanian atau keperkasaan dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan permasalahan hidup dengan kekuatan yang ada pada diri sendiri".
    Syis dalam bukunya Bimbingan Wiraswasta, memberikan pengertian wiraswasta sebagai kepribadian unggul yang mencerminkan budi luhur dan suatu sifat yang patut diteladani, atas dasar kemampuan sendiri dapat melahirkan suatu sumbangsih karya untuk kemajuan kemanusiaan yang berlandaskan kebenaran. Ini tidak berarti bahwa orang yang berwirausaha mesti selalu berkarya sendirian tanpa ikut sertanya orang lai. Justru kondisi sosial dan ekonomi dewasa ini menuntut adanya kerjasama dan interaksi yang erat antara pemimpin dan yang dipimpin, antara seseorang dan masyarakat, antara suatu perusahaan dan perusahaan lain, antara sesama karyawan, petani, pedagang, dan seterusnya.
     Pengertian berdiri sendiri atau berusaha sendiri bukan pula berarti suatu sikap yang menyendiri atau tertutup. Akan tetapi harus diartikan "kepercayaan diri" dalam mengatasi tantangan hidup. Kepercayaan diri merupakan faktor penting dalam mencapai sukses dan setiap sukses yang diperoleh akan mempertebal kepercayaan diri seseorang.
     Beberapa ahli berpendapai bahwa tidak ada satu cara pun yang dapat mengatasi masalah tanpa kepercayaan diri yang tinggi yang harus dimiliki oleh setiap individu. Jadi, kepercayaan diri seyogyanya merupakan inti dalam pengembangan wirausaha.
   Jadi, wiirausaha merupakan keberanian dan keperkasaan dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan permasalahan hidup dengan kekuatan yang ada pada diri sendiri.
Wirausaha
Wirausaha

    Demikian pembahasan mengenai Pengertian Wirausaha. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home