Bidang Ilmu Akuntansi yang Menjadi Spesialisasi

   Pembahasan kali ini mengenai Bidang Ilmu Akuntansi yang Menjadi Spesialisasi. Dalam pembahasan mengenai Bidang Ilmu Akuntansi yang Menjadi Spesialisasi terdiri atas Akuntansi Keuangan (Financial Accounting), Akuntansi Manajemen (Management Accounting), Akuntansi Sektor Publik/ASP (Public Accounting), Pengauditan (Auditing), dan Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System). Untuk lebih jelasnya, pembahasan mengenai Bidang Ilmu Akuntansi yang Menjadi Spesialisasi yaitu sebagai berikut.

Bidang Ilmu Akuntansi yang Menjadi Spesialisasi
    Bidang-bidang spesialisai akuntansi adalah sebagai berikut.
 
1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
   Bidang ini membahas proses pembuatan laporan keuangan mulai dari pencatatan sampai dengan pelaporannya. Laporan keuangan hasil olahan bidang spesialisasi ini lebih ditujukan kepada pihak-pihak eksternal.
 
2. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
   Penekanan bidang ini adalah pada pemanfaat informasi yang diperoleh perusahaan dalam rangka pengambilan keputusan dan pengendalian perusahaan secara keseluruhan. Data yang diolah perusahaan tidak hanya mencakup informasi akuntansi saja (misalnya harga pokok produk), namun juga informasi nonakuntansi lainnya (misalnya kenaikan upah minimum provinsi).
 
3. Akuntansi Sektor Publik/ASP (Public Accounting)
   Seiring dengan telah digulirkannya UU No. 22 Tahun 1999 tentang pemerintahan Daerah dan UU No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah, di mana saat ini terjadi pergeseran dalam pola pelaporan keuangan pemerintah daerah. Bidang ini mempelajari proses pembuatan laporan dengan penekanan pada aspek pertanggungjawaban pengelolaan sumber ekonomi dan dana yang berasal dari negara maupun masyarakat di daerah.
 
4. Pengauditan (Auditing)
   Bidang ini mempelajari teknik dan prosedur pemeriksaan atas laporan keuangan beserta catatan-catatan pendukungnya, dan pemberian pendapat apakah laporan keuangan tersebut telah disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.
 
5. Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System)
   Bidang spesialisasi ini membahas perancangan sistem dan prosedur pencatatan transaksi sampai dengan pelaporannya, termasuk implementasinya dalam perusahaan, baik dengan cara manual (tenaga manusia) maupun dengan bantuan komputer (computerized).
Bidang Ilmu Akuntansi yang Menjadi Spesialisasi
Bidang Ilmu Akuntansi yang Menjadi Spesialisasi

Demikian pembahasan mengenai Bidang Ilmu Akuntansi yang Menjadi Spesialisasi. Semoga tulisan mengenai Bidang Ilmu Akuntansi yang Menjadi Spesialisasi bermanfaat bagi pembaca sekalian.


google adsense
Blog, Updated at: 04:31

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers