Sunday, 18 October 2015

Pengertian dan Manfaar Perdagangan Internasional

     Pembahasan mengenai Pengertian dan Manfaat Perdagangan Internasional. Pembahasan mengenai Pengertian dan Manfaat Perdagangan Internasional yaitu sebagai berikut.

Pengertian dan Manfaat Perdagangan Internasional
    Perdagangan erat kaitannya dengan pasar. Perdagangan berarti proses pertukaran barang atau jasa dengan barang atau jasa lain maupun dengan uang. Perdagangan yang terjadi bisa terjadi dalam batas wilayah tertentu (lokal), wilayah dalam satu negara (nasional) bahkan antarnegara (internasional). Perdagangan tersebut didasarkan atas kehendakan sukarela dari masing-masing pihak. Pertukaran yang terjadi karena paksaan dan ancaman perang tidak termasuk dalam arti perdagangan.
    Dengan demikian, perdagangan internasional dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pertukaran barang atau jasa yang dilakukan antarnegara (bisa dua negara atau lebih). Kegiatan perdagangan internasional tersebut kemudian direalisasikan ke dalam kegiatan ekspor dan impor. Impor merupakan kegiatan memasukkan atau membeli barang atau jasa dari negara lain, sedangkan ekspor merupakan kegiatan mengirim atau menjual barang atau jasa ke negara lain.
   Dari kegiatan ekspor dan impor di atas dapat terjadi kemungkinan-kemungkinan sebagai berikut.
a. Jumlah ekspor lebih besar daripada impor sehingga neraca perdagangannya disebut aktif.
b. Jumlah ekspor lebih kecil daripada impor sehingga neraca perdagangannya disebut pasif.
c. Jumlah ekspor sama dengan impor sehingga neraca perdagangannya disebut seimbang atau balance.
   Perdagangan internasional mempunyai manfaat bagi pelakunya. Dengan melakukan perdagangan luar negeri, negara yang mempunyai kelebihan minyak bumi bisa menjual minyaknya ke luar negeri, dan kemudian uang hasil penjualan minyak bumi tersebut bisa digunakan untuk mengimpor barang-barang yang tidak diproduksi di dalam negeri. Oleh karena itu, adanya perdagangan internasional memungkinkan masing-masing negara melakukan spesialisasi dalam memproduksi barang dan jasa, yang pada gilirannya efisiensi masing-masing negara tersebut bisa meningkat.
   Sekalipun suatu negara dapat memproduksi barang-barang yang sama jenisnya dengan yang dihasilkan oleh negara lain, namun mungkin negara tersebut lebih untung kalau mengimpor saja barang-barang tersebut dari luar negeri daripada menghasilkannya sendiri. Negara tersebut lebih baik memperluas kegiatannya dalam menghasilkan barang-barang yang dapat diekspor ke luar negeri. Dengan cara ini, negara tersebut dapat menggunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki secara lebih efisien. Selain itu, penduduk negara tersebut akan menikmati lebih banyak barang daripada apabila negara tersebut tidak melakukan spesialisasi dan perdagangan internasional.
   Adapun perdagangan internasional mempunyai manfaat sebagai berikut.
a. Memungkinkan terjadinya spesialisasi.
b. Dapat memperoleh barang yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri.
c. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi.
d. Memperluas daerah pemasaran.
e. Mempercepat proses alih teknologi.
f. Mempercepat pertumbuhan ekonomi karena perdagangan internasional dapat memperluas lapangan kerja.
g. Memperoleh tambahan devisa bagi negara yang surplus neraca perdagangannya.
h. Menciptakan stabilitas ekonomi (terutama harga di dalam negeri).
i. Merangsang produsen dalam negeri untuk lebih bisa bersaing.
 
Pengertian dan Manfaat Perdagangan Internasional
Pengertian dan Manfaat Perdagangan Internasional
Demikian Pembahasan mengenai Pengertian dan Manfaat Perdagangan Internasional. Semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home