Kumpulan artikel tentang ekonomi dan ilmu ekonomi serta akuntansi dan manajemen

Pengertian Pembangunan Ekonomi

   Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai Pengertian Pembangunan Ekonomi. Pengertian Pembangunan Ekonomi yaitu sebagai berikut.

Pengertian Pembangunan Ekonomi
    Konsep pembangunan ekonomi mempunyai empat sifat penting yaitu suatu proses perubahan yang terus-menerus, berupaya meningkatkan GNP per kapita ekonomi berlangsung dalam jangka waktu yang penjang, dan mengakibatkan perubahan sosial. Nah, apakah yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi itu? Sesuai dengan uraian pokok bahasan sebelumnya, pembangunan ekonomi merupakan suatu proses multidimensional yang menyebabkan pendapatan per kapita penduduk suatu negara meningkat dalam jangka panjang dan diikuti kenaikan kesejahteraan sosial.
    Beberapa ekonom membedakan pengertian pembangunan ekonomi (economic development) dengan pertumbuhan ekonomi (economic growth). Pembangunan ekonomi adalah peningkatan pendapatan per kapita masyarakat, yaitu tingkat pertambahan GDP/GNP pada suatu tahun tertentu melebihi tingkat pertambahan penduduk, atau perkembangan GDP/GNP yang terjadi dalam suatu negara diiringi oleh adanya perombakan dan modernisasi struktur ekonominya. Sedangkan pertumbuhan ekonomi sebagai kenaikan GDP tanpa melihat apakah kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari pertumbuhan penduduk. Selain itu, juga tanpa melihat apakah ada atau tidaknya perubahan dalam struktur ekonomi maupun nonekonomi. 
     Pembangunan ekonomi diarahkan untuk mencapai sasaran berikut.
  1. Meningkatkan ketersediaan dan memperluas distribusi barang-barang kebutuhan pokok seperti pangan, papan, kesehatan, dan perlindungan.
  2. Meningkatkan taraf hidup, selain meningkatkan pendapatan dan penyediaan lapangan kerja, serta pendidikan yang lebih baik dan perhatian yang lebih besar terhadap nilai-nilai budaya dan kemanusiaan, yang secara keseluruhan akan memperbaiki kesejahteraan material dan menghasilkan rasa percaya diri sebagai individu maupun sebagai suatu bangsa.
  3. Memperluas jangkauan pemulihan ekonomi dan sosial bagi setiap individu.
   Dalam proses pembangunan ekonomi, ada beberapa faktor yang memengaruhinya, yaitu sumber daya alam (kesuburan tanah, aneka barang tambang, minyak bumi, mineral, kekayaan hasil hutan, lautan dan sebagainya), sumber daya manusia, teknologi, dan modal, dan faktor budaya (pola hidup hemat dan saling tolong-menolong). Beberapa kriteria pengukuran keberhasilan pembangunan ekonomi di antaranya adalah pendapatan nasional, pendapatan per kapita, distribusi pendapatan, peranan sektor industri dan jasa, kesempatan kerja, stabilitas ekonomi, dan neraca pembayaran luar negeri.
 
Pengertian Pembangunan Ekonomi
Pengertian Pembangunan Ekonomi
Demikian pembahasan mengenai Pengertian Pembangunan Ekonomi. Semoga tulisan mengenai Pengertian Pembangunan Ekonomi bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Pengertian Pembangunan Ekonomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ekonomisajalah

0 komentar:

Post a Comment