Sunday, 18 October 2015

Transaksi-Transaksi dalam Neraca Pembayaran dan Fungsi Neraca Pembayaran

   Pembahasan kali ini mengenai Transaksi-Transaksi dalam Neraca Pembayaran dan Fungsi Neraca Pembayaran. Transaksi-Transaksi dalam Neraca Pembayaran terdiri atas Transaksi Barang dan Jasa, Transaksi Modal, Transaksi Satu Arah (Unilateral Transfer), Transaksi Pemindahan Emas, dan Transaksi Pengangkutan Mata Uang. Untuk lebih jelasnya, Transaksi-Transaksi dalam Neraca Pembayaran dan Fungsi Neraca Pembayaran yaitu sebagai berikut.

Transaksi-Transaksi dalam Neraca Pembayaran
   Telah disebutkan bahwa yang termasuk dalam neraca pembayaran internasional hanyalah transaksi ekonomi saja. Transaksi-transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

a. Transaksi Barang dan Jasa
   Transaksi barang adalah semua transaksi yang menyangkut kegiatan ekspor dan impor, disebut pula transaksi yang sedang berjalan. Ekspor barang meliputi barang-barang yang bisa dilihat secara fisik seperti kayu, rotan, minyak bumi, dan lain sebagainya. Transaksi jasa meliputi penjualan jasa-jasa angkutan, asuransi, turisme, bunga dari modal, dan dividen.

b. Transaksi Modal
   Transaksi Modal adalah aliran modal masuk maupun keluar yang terjadi antara dua negara atau lebih. Transaksi modal ada ada yang berjangka pendek dan ada juga yang berjangka panjang. Yang termasuk transaksi modal adalah transaksi jangka pendek (waktunya kurang 1 tahun) yang meliputi sebagai berikut.
1) Kredit untuk perdagangan dari negara lain (transaksi kredit) atau kredit perdagangan yang diberikan kepada negara lain (transaksi debit).
2) Penjualan surat berharga dalam negeri jangka pendek kepada negara lain (transaksi kredit) atau pembelian surat berharga luar negeri jangka pendek (transaksi debit).
3) Deposito bank di dalam negeri milik negara lain (transaksi kredit) atau deposito bank di luar negeri.
  Transaksi modal jangka panjang (lebih dari 1 tahun) adalah sebagai berikut.
1) Investasi langsung di luar negeri (transaksi debit) atau investasi asing dalam negeri (transaksi kredit).
2) Pinjaman jangka panjang yang diberikan kepada negara lain (transaksi debit) atau pinjaman jangka panjang yang diterima dari negara lain (transaksi kredit).
3) Pembelian surat-surat berharga jangka panjang milik negara lain (transaksi debit) atau pembelian surat-surat berharga jangka panjang dalam negeri oleh negara lain (transaksi kredit).

c. Transaksi Satu Arah (Unilateral Transfer)
   Transaksi ini merupakan pemindahan hak antara penduduk satu negara kepada penduduk negara yang tidak menimbulkan kewajiban untuk melakukan pembayaran. Hadiah (gifts) dan bantuan (aid) masuk ke dalam transaksi unilateral ini. Jika suatu negara memberi hadiah atau bantuan kepada negara lain, ini merupakan transaksi debit. Sebaliknya, jika suatu negara menerima hadiah atau bantuan dari negara lain, merupakan transaksi kredit.

d. Transaksi Pemindahan Emas
   Transaksi pemindahan emas (gold movement) adalah transaksi pemindahan hak pemilikan emas yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. 

e. Transaksi Pengangkutan Mata Uang
    Transaski ini disebut juga currency shipment yaitu tabungan uang yang dilakukan di bank negara lain.

Fungsi Neraca Pembayaran
   Neraca pembayaran sangat penting dan perlu dibuat oleh suatu negara karena memiliki fungsi sebagai berikut.
a. Sebagai alat pembukuan agar pemerintah dapat mengambil keputusan apakah negara dapat melanjutkan masuknya barang dari luar negeri dan untuk mendapatkan keterangan-keterangan mengenai anggaran alat-alat pembayaran luar negerinya.
b. Sebagai alat untuk menjelaskan pengaruh dari transaksi luar negeri terhadap pendapatan nasional negara yang bersangkutan.
c. Sebagai alat untuk mengukur keadaan perekonomian dalam perdagangan internasional dari suatu negara.
d. Sebagai alat untuk mengetahui pos-pos dalam neraca pembayaran negara tersebut dengan negara tertentu.
e. Sebagai alat untuk mendapatkan informasi yang terperinci tentang hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan luar negeri.
f. Sebagai alat kebijakan moneter yang akan dilaksanakan oleh suatu negara.
 
Transaksi-Transaksi dalam Neraca Pembayaran dan Fungsi Neraca Pembayaran.
Transaksi-Transaksi dalam Neraca Pembayaran dan Fungsi Neraca Pembayaran.
Demikian pembahasan mengenai Transaksi-Transaksi dalam Neraca Pembayaran dan Fungsi Neraca Pembayaran. Semoga tulisan mengenai Transaksi-Transaksi dalam Neraca Pembayaran dan Fungsi Neraca Pembayaran bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home