Sunday, 24 August 2014

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Ekonomi. Pembahasan mengenai Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Ekonomi akan dibahas di bawah ini yaitu sebagai berikut :

     Dibawah ini akan dibahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan Ekonomi yaitu sebagai berikut.
a. Faktor alam
     Faktor alam ialah tanah (kekayaan yang terkandung didalamnya, kesuburannya, luasnya), keadaan iklim, keadaan cuaca, keadaan aliran sungainya, lautnya dan hutan-hutan serta segala sumber daya alam lainnya.
     Akan tetapi, faktor alam saja tidaklah mutlak menentukan pembangunan suatu negara. Sebagai contoh Singapuira, Jepang, dan Korea adalah negara yang alamnya tidak begitu dapat diandalkan, tetapi pembangunannya sangat pesat karena negara-negara tersebut memiliki teknologi yang maju sehingga produksi negaranya bukan bertumpu kepada pertanian, tetapi kepada industri.
b. Barang-Barang Modal dan Teknologi
     Barang-barang modal dan tingkat teknologi sangat penting artinya bagi laju pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya barang-barang modal dan teknologi yang tinggi maka akan mampu mempercepat pengolahan sumber-sumber alam sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
c. Jumlah dan Kualitas Penduduk
    Jumlah penduduk sebagai sumber daya mempunyai peranan yang sangat penting bagi perkembangan ekonomi. Pertambahan penduduk merupakan pertambahan angkatan kerja. Pertambahan tenaga kerja memungkinkan negara menambah jumlah produksinya.
     Selain pertambahan jumlah penduduk sebagai angkatan kerja, penting pula diperhatikan kualitas tenaga kerja. Kualitas tenaga kerja yang baik dapat meningkatkan jumlah produksi yang melebihi pertambahan tenaga kerja. Jika pertambahan penduduk lebih tinggi dari pertambahan produksi nasional akan membawa bencana bahkan menjadi penghambat bagi perkembangan ekonomi. Meningkatkan kualitas penduduk inilah yang disebut meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai tujuan pendidikan nasional sekarang.
d. Sistem Sosial dan Sikap Masyarakat
    Sistem sosial masyarakat yang masih tradisonal banyak menghambat pembngunan ekonomi. Tradisi masyarakat yang tidak senang dengan perubahan mengahambat penerapan teknologi baru, padahal penerapan teknologi baru mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.
     Sikap masyarakat juga dapat menjadi faktor pendorong ataupun penghambat perkembangan ekonomi. Sikap masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan mendorong perkembangan ekonomi. Salah satu sikap yang sangat menunjang ialah sikap hemat (pola hidup sederhanan). Pola hidup sederhana mendorong masyarakat untuk mengumpulkan dana lebih banyak untuk membiayai pembangunan. Sikap ulet dan mau bekerja keras serta sikap ekonomis adalah sikap-sikap yang menunjang pertumbuhan atau perkembangan ekonomi secara nasional.
 
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
Ekonomi
e. Luas Pasar
    Luas pasar yang tidak terbatas akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya, luas pasar yang terbatas akan menghambat pertumbuhan ekonomi. Untuk memperluas pasar perlu dilakukan pembangunan disegala bidang. Karena luasnya pasar akan mempercepat perkembangan ekonomi negara berkembang seperti Indonesia.

     Demikian pembahasan mengenai Faktor-Faktor yang Mememngaruhi Pertumbuhan Ekonomi, semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home