Pertumbuhan Ekonomi Negara Maju dan Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Pertumbuhan Ekonomi Negara Maju dan Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang. Pembahasan mengenai Pertumbuhan Ekonomi Negara Maju dan Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang akan di bahas yaitu sebagai berikut :   

     Negara-negara di dunia secara umum dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu negara maju dan negara berkembang. Negara-negara maju pada umunya merupakan negara-negara sangat baik ekonominya, seperti Eropa Barat, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Jepang. Perekonomian negara-negara tersebut dikatakan maju dan baik karena peranan sektor industri sangat besar dibandingkan sektor pertanian. Pertumbuhan ekonomi negara-negara maju tersebut bisa dikatakan sangat stabil karena ketersediaan modal dan investasi yang sangat besar.
   Berbeda halnya dengan negara dunia ketiga tau yang bisa disebut Negara Sedang Berkembang (NSB). Negara sedang berkembang mempunyai karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan dengan negara maju. Pada NSB terdapat faktor-faktor yang sangat memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Faktor-faktor tersebut sekaligus merupakan karakteristik NSB yang akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi negara sedang berkembang.
 
  Faktor-faktor yang memengaruhi pertumnuhan ekonomi di negara sedang berkembang.
a. Standar Hidup yang Rendah
    Standar hidup penduduk NSB pada umumnya rendah, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Hal ini dapat terlihat dari rendahnya pendapatan, perumahan yang kurang layak, tingginya tingkat kematian bayi, rendahnya angka harapan hidup, dan kesehatan yang buruk serta rendahnya tingkat pendidikan penduduk. Rendahnya standar hidup ini meluas pada hampir sebagian besar penduduk NSB.
b. Tingkat Produktivitas Rendah
    Tingkat produktivitas tenaga kerja di NSB pada umumnya lebih rendah daripada negara-negara maju. Rendahnya tingkat produktivitas ini disebabkan oleh kurangnya faktor produksi seperti modal, manajemen ataupun teknologi yang mendukung.
 
Pertumbuhan Ekonomi Negara Maju dan Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang
Pertumbuhan Ekonomi Negara Maju dan Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang
c. Pertumbuhan Penduduk Tinggi
    Jumlah penduduk yang tinggal di NSB hampir mencapai tiga perempat dari seluruh penduduk dunia. Tingkat kelahiran di NSB pada umunya sangat tinggi berkisar antara 30-40 setiap 2000 penduduk, sedangkan di negara maju kurang dari setengahnya.
d. Tingkat Pengangguran Tinggi dan Cenderung Meningkat
    Penggunaan tenaga kerja di NSB berada dibawah standar atau tidak efisien dibandingkan dengan negara maju. Penggunaan tenaga kerja yang tidak efisien ini timbul karena adanya pengangguran yang tinggi dan cenderung meningkat setiap tahunnya.
e. Ketergantungan pada Sektor Pertanian
    Penduduk NSB sebagian besar hidup dipedesaan dan kebanykan menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian. Konsentrasi penduduk NSB disektor pertanian disebabkan pada tingkat pendapatan yang rendah dan prioritas utama setiap penduduk adalah pemenuhan kebutuhan pangan.

    Demikian pembahasan mengenai Pertumbuhan Ekonomi Negara Maju dan Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang, semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian...


google adsense
Blog, Updated at: 01:01

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers