Ciri-Ciri Perusahaan Dagang

   Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai ciri-ciri perusahaan dagang. sesuai dengan namanya, perusahaan dagang melakukan pembelian barang dagang dan berusaha menjualnya dengan harga di atas harga pokok agar mendapat keuntungan. 

    Pada perusahaan dagang, laba kotor didapat dengan mencari selisih harga jual dengan harga pokok penjualan. Untuk mendapatkan laba bersih, laba kotor dikurangi dengan beban operasional. Jelasnya, jika dibandingkan dengan badan usaha lainnya, maka ciri-ciri perusahaan dagang dapat diketahui antara lain melalui kriteria berikut.

a. Usaha yang dilakukan
Perusahaan Dagang
Perusahaan Dagang
     Usaha yang dilakukan perusahaan dagang adalah membeli barang dagang dan menjualnya tanpa mengadakan perubahan (pengolahan) terlebih dahulu. Contoh perusahaan dagang yang cukup dikenal adalah PT
Matahari Putra Prima, pemilik rantai toko Matahari.


b. Kegiatan Akuntansi
    Akuntansi perusahaan dagang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
  • Menggunakan Akun Persediaan Barang Dagang. Persediaan barang dagang terdiri dari persediaan awal, yaitu nilai barang yang dimiliki perusahaan pada awal tahun buku, dan persediaan akhir, yaitu nilai barang yang dimiliki perusahaan pada akhir periode akuntansi.
  • Ada penghitungan harga pokok penjualan.
  • Laporan laba-rugi dapat menggunakan bentuk single step (langsung) dan multiple step (bertahap).
Demikian pembahasan mengenai Ciri-Ciri Perusahaan Dagang, semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Wassalam.


google adsense
Blog, Updated at: 01:55

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers