Pengertian Manajemen

     Manajemen berasal dari bahasa Inggris, yaitu management dengan kata kerja to manage yang secara umum berarti mengurus. Ada yang menggunakan istilah "tatalaksana/ketatalaksanaan", kepengurusan. Pada pokoknya pengertian manajemen tidak lain adalah pengurusan suatu usaha atau mengatur, membimbing, memimpin agar suatu usaha tercapai seperti yang dikehendaki.
     Pengertian Manajemen menurut beberapa ahli.
  1. Menurut Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengawasi usaha-usaha dari suatu organisasi dan dari sumber-sumber organisasi lainnya untu mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
  2. Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah suatu seni untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain.
  3. Menurut SP. Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  4. Menurut G.R. Terry dalam bukunya Principles of Management, manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengendalian yang dilaksanakan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
  5. Menurut Harold Koontz dan Cyril O Donnel dalam bukunya Principles of management and Analysis of management, manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian, manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, penggerakan, dan pengendalian.
  6. Sondang P. Siagian, MPA. Ph.D. dalam bukunya Administrasi Pembangunan (PT. Gunung Agung, Jakarta: 1978) memberikan definisi "Manajemen adalah kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain".
  7. Peter. F. Drucker dalam bukunya Management, Tasks, Responsibility and Practises (terjemahan LPPM Jakarta), manajemen harus memberikan arah jurusan kepada lembaga yang dikelolanya. Ia harus memikirkan secara tuntas misi lembaga itu, menetapkan sasarannya dan mengorganisasi sumber-sumber daya untuk tujuan-tujuan yang telah digariskan oleh lembaga. Sesungguhnya manajemen bertanggung jawab terhadap pergerakan visi serta sumber-sumber daya kejuruan hasil yang paling dasar dan efisien.
  8. Drs. Frans Sadikim dalam ceramahnya di suatu simposium memberikan batasan, apabila manajemen didefinisikan sebagai proses untuk menciptakan, memelihara dan mengoperasikan organisasi perusahaan dengan tujuan tertentu melalui upaya manusia yang sistematis, terkoordinasi, dan kooperatif, maka proses penentuan asas-asas pokok perusahaan yang menjadi batasan pedoman dan penggerak bagi setiap manusia dalam perusahaan, sudah termasuk dalam pengertian manajemen.
 
Manajemen
Manajemen 
    Dari pengertian yang dikemukakan oleh para ahli manajemen tersebut, dapat diambil pengertian sederhana bahwa manajemen adalah keahlian untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi penggunaan sumber daya manusia secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, manajemen adalah suatu cara untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan dengan menggunakan tenaga orang lain.
 
     


google adsense
Blog, Updated at: 06:43

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers