Valuta Asing

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Valuta Asing. Dalam pembahasan mengenai Valuta Asing ada terdapat beberapa poin yang akan dibahas yaitu Pengertian Valuta Asing, Kurs Valuta Asing, dan Faktor-Faktor yang Memengarui Permintaan dan Penawaran Valuta Asing. Pembahasan mengenai Valuta Asing ini yaitu sebagai berikut.
 A. Valuta Asing
 1. Pengertian Valuta Asing
      Valuta Asing atau foreign exchange (forex) disebut juga foreign current. Valuta Asing adalah mata uang asing atau alat pembayaran yang digunakan untuk melakukan pembayaran atau transaksi ekonomi internasional. Nama mata uang dan satuannya berbeda-beda dalam setiap negara. Hal ini disebabkan oleh keinginan negara bersangkutan. Akan tetapi ada juga negara-negara yang mata uangnya sama walaupun nilainya berbeda. Misalnya, Amerika Serikat, Australia, Singapura, Hongkong, Brunei Darussalam, Kanada. Nama mata uang yang digunakan adalah dolar.
    Setiap negara di dunia pada saat ini mayoritas membutuhkan mata uang asing untuk memenuhi segala kebutuhannya karena adanya keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh suatu negara. Pada dasarnya mata uang asing itu tidak diperlukan dalam pembangunan suatu negara, apabila negara bersangkutan telah mampu menyediakan sarana dan prasarana dari dalam negeri.
    Apabila kita mengimpor barang atau menerima jasa dari luar negeri, kita tidak bisa membayar dengan mata uang Indonesia yaitu rupiah. Kita harus membayar dengan mata uang yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Mata uang yang digunakan dalam pembayaran perdagangan Internasional biasanya mata uang negara-negara yang perekonomiannya sudah kuat, misalnya Yen Jepang, Dollar Amerika, Poundsterling Inggris atau Euro negara Eropa.
     Kita harus membayar dengan devisa. Sama halnya ekspor barang/jasa yang kita lakukan ke suatu negara, maka negara akan membayarnya dengan devisa kepada kita. Jadi, dalam perdagangan Internasional (ekspor/impor) digunakan alat pembayaran luar negeri yang disebut devisa.
     Devisa adalah semua barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran luar negeri dan dapat diterima di dunia internasional. Devisa disebut juga dengan Valuta Aing (VA).
    Secara umum semua barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran luar negeri dan diterima di dunia internasional disebut devisa. Devisa terdiri dari: mata uang asing, emas, wesel asing, tagihan luar negeri. Devisa dapat diperoleh dari hal-hal berikut ini.
a. Kegiatan Ekspor
    Jumlah barang yang diekspor ke luar negeri akan berpengaruh terhadap devisa negara. Semakin banyak barang/jasa yang diekspor ke luar negeri akan semakin banyak devisa yang diperoleh.
b. Perdagangan Jasa 
      Yang termasuk sumber devisa negara dari perdagangan jasa adalah: pelabuhan udara, pelabuhan laut, dan kapal-kapal yang berlayar ke luar negeri.
 c. Turis Internasional 
      Turis dari manca negara datang ke Indonesia akan membawa mata uang negaranya, setibanya di Indonesia akan ditukarkan dengan mata uang rupiah.
d. Bantuan Luar Negeri
     Bantuan luar negeri yang berbentuk barang seperti: mesin-mesin, laboratorium, bahan makanan, dan bantuan berupa valuta asing. Apabila bantuan berupa barang, maka terjadi penghematan devusa karena berkurangnya impor untuk barang-barang tersebut. Bila bantuan yang diterima berupa valuta asing, maka secara langsung telah menambah devisa negara.
e. Kredit Luar Negeri
     Kredit luar negeri yang berupa valuta asing dapat menambah devisa negara. Kredit dari luar negeri diperoleh dengan mengimpor barang-barang yang dibutuhkan di dalam negeri.
f. Pengiriman Uang Asing dari Luar Negeri (Pengiriman Uang Asing dari Orang-Orang Indonesia yang Ada di Luar Negeri akan Ditukarkan dengan Mata Uang Rupiah, juga Menambah Devisa bagi Negara). Sehingga simpanan devisa di bank-bank tersebut semakin bertambah.
   
   Tiap-tiap pertukaran valuta asing lebih dulu dikur (exchange rate), artinya harus ditentukan berapa nilai tukar antara valuta suatu negara dengan valuta negara lainnya (perbandingan nilai/harga antara keduanya).
    Yang melakukan penawaran dan permintaan valuta asing itu adalah eksportir menawarkan valuta asing keada pihak importir. Karena dengan melakukan ekspor ia mempunyai sejumlah devisa atau valuta asing. Sedangkan, pihak importir mengajukan permintaan kepada pihak eksportir, karena ia memerlukan devisa. Itulah sebabnya terjadi jual beli valuta asing di Bursa Valuta Asing. Fungsi utama devisa adalah sebagai alat pembayaran luar negeri.
     Devisa yang diterima dari bantuan pinjaman atau kredit luar negeri disebut devisa kredit. Sedangkan devisa yang diterima dan sumber lain seperti ekspor, penyelenggaraan jasa, dan bunga modal disebut devisa umum.
      Devisa yang diperoleh dari berbagai sumber dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, antara lain sebagai berikut.
a. Membayar barang-barang yang diimpor.
b. Pembayaran jasa luar negeri, seperti biaya angkutan barang dari luar negeri, biaya tenaga ahli yang didatangkan dari luar negeri, dan sebagainya.
c. Biaya kedutaan, konsulat, dan atase di luar negeri (perwakilan luar negeri).
d. Biaya pengiriman misi kebudayaan/kesenian atau kontingen-kontingen olahraga ke luar negeri.
e. Membiayai perjalanan dinas pejabat ke luar negeri. Misalnya presiden, menteri, dan lain-lain.
f. Membiayai pengiriman bantuan dana ke luar negeri.
    Pasar (bursa) valuta asing atau tempat permintaan dan penawaran valuta asing dipertemukan adalah tempat orang dapat memperoleh valuta asing untuk melaksanakan transaksinya dengan penduduk negara lain. Jika kurs valuta asing itu ditentukan/ditetapkan oleh pemerintah, maka dinamai kurs resmi. Kurs resmi yang dietapkan oleh pemerintah itu dimaksudkan sebagai standar jual beli valuta asing (BVA). Berikut ini adalah tempat untuk jual beli valuta asing di Bursa Valuta Asing (BVA) terdapat di:
a. Bank-bank devisa, bank-bank milik pemerintah/bank milik swasta. Bank devisa yang terbesar di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI).
b. Badan-badan perantaraan  valuta asing dan makelar-makelar valuta asing.
c. Tempat-tempat penukaran resmi valuta asing (money changer).
     Jika diperhatikan peredaran (lalu lintas devisa di Bursa Valuta Asing (BVA) maka devisa itu ada 2 macam, yaitu devisa umum dan devisa kredit. Devisa umum ialah devisa yang diperoleh dari hasil ekspr, penjualan jasa atau dari bunga modal. Devisa kredit ialah devisa yang diperoleh dari hasil pinjaman (kredit) luar negeri.

2. Kurs Valuta Asing
     Kurs valuta asing adalah perbandingan nilai mata uang antarnegara. Pada bank devisa atau money changer ada 3 jenis kurs yaitu:
a. Kurs jual. Kurs jual adalah kurs yang ditetapkan oleh bank apabila bank menjual mata uang asing.
b. Kurs beli. Kurs beli adalah kurs yang ditetapkan oleh bank apabila bank membeli mata uang asing.
c. Kurs tengah. Kurs tengah adalah kurs rata-rata yang dipatok antara kurs jual dan kurs beli.
   Macam-macam perbandingan mata uang asing (kurs) antara lain sebagai berikut.
a. Sistem Kurs Tetap
     Sistem Kurs Tetap yaitu kurs yang mematok nilai harga mata uang asing terhadap mata uang negara yang bersangkutan dengan nilai tertentu yang selalu sama dalam periode tertentu.
b. Sistem Kurs Mengambang/bebas
      Sistem Kurs Mengambang/bebas adalah sistem ini ditentukan oleh kekuatan tarik-menarik faktor permintaan dan faktor penawaran terhadap mata uang asing.
c. Sistem Kurs Terkait/mengambang terkendali
     Sistem Kurs terkait yaitu kurs yang ditentukan oleh nilai tukar dikaitkan dengan nilai mata uang negara lain/sejenis mata uang tertentu.

   Faktor-faktor yang mempengaruhi kurs valuta asing adalah faktor permintaan dan penawaran valuta asing.
     Seperti halnya barang-barang dan jasa-jasa maka kurs valuta asing pun tergantung pada hukum permintaan dan penawaran. Artinya, bila permintaan terhadap kurs valuta sing bertambah, maka kurs akan naik, demikian pula sebaliknya. Bila penawaran terhadap kurs valuta asing bertambah, maka kurs akan turun. Jadi, tinggi rendahnya kurs valuta asing tergantung permintaan dan penawaran. Dengan kata lain fungsi kurs itu akan mempengaruhi besarnya permintaan dan penawaran.
    Harga valuta asing akan lebih mahal dari nilai nominal harga yang berlaku bila permintaan melebihi jumlah valuta asing yang ditawarkan.
    Darimanakah sumber permintaan akan valuta asing? Sumber permintaan valuta asing berasal dari impor barang/jasa suatu negara dan ekspor modal dan transfer valuta asing dari dan ke luar negeri.

B. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran Valuta Asing.
     Ada enam faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran valuta sing. Keenam faktor itu ialah tingkat inflasi, tingkat suku bunga, tingkat pendapatan dan produksi, neraca pembayaran luar negeri, pengawasan pemerintah, dan perkiraan, rumor, dan isu spekulasi.
1. Tingkat Inflasi
     Apabila suatu negara mengalami inflasi, maka bisa diidentifikasi bahwa harga barang mahal, maka untuk memenuhi kebutuhan akan barang/jasa negara tersebut akan melakukan kegiatan impor dari suatu negara. Kegiatan impor membutuhkan valuta asing.
2. Tingkat Suku Bunga
     Apabila suatu negara memberlakukan sistem bunga yang tinggi, maka orang-orang yang biasa memainkan valuta asing akan berdatangan untuk menginvestasikan uangnya. Sehingga permintaan akan valuta asing akan menurun.
3. Tingkat Pendapatan dan Produksi
    Semakin tinggi pendapatan yang diperoleh seseorang, maka akan semakin banyak kebutuhan akan barang/jasa yang diperlukan. Tidak semua barang/jasa tersebut dipenuhi dan diproduksi di dalam negeri melainkan harus di impor dahulu.
4. Neraca pembayaran Luar Negeri
    Neraca pembayaran luar negeri mempengaruhi permintaan dan penawaran valuta asing.
5. Pengawasan Pemerintah
    Pemerintah mempunyai kepentingan dalam pengaturan sirkulasi valuta asing, yakni sebagai berikut.
a. Kebijakan Fiskal, yaitu kebijakan yang diambil oleh pemerintah untuk pengaturan tentang pajak seperti: bea impor dan bea ekspor.
b. Kebijakan Moneter, yaitu kebijakan yang diambil oleh pemerintah di dalam keuangan (moneter) seperti uang ketat, uang longgar, dan devaluasi.
6. Perkiraan, Rumor, dan Isu Spekulasi
    Disadari atau tidak berkembangnya rumor, atau isu yang yang dihembuskan oleh spekulan valuta asing akan mempengaruhi permintaan dan penawaran valuta asing di suatu negara. 
Valuta Asing
Valuta Asing

Demikian pembahasan mengenai Valuta Asing. Semoga tulisan mengenai Valuta Asing ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.


google adsense
Blog, Updated at: 08:26

2 komentar:

  1. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    ReplyDelete
  2. Halo! Selamat Siang,

    Perkenalkan sebelumnya, saya Lauren, manajer program afiliasi untuk Grup InstaForex.
    Kami ingin menawarkan kerjasama program afiliasi yang memungkinkan Anda mendapatkan $ 15-53 dari setiap lot pasar standar pelanggan Anda. Jika Anda tertarik, silahkan hubungi saya dan saya akan memberikan rincian.

    InstaForex memberikan semua mitra dengan peluang berikut:

    - SUB-IB Program - menarik mitra dan mendapatkan komisi dari klien sub IB anda;
    - jangkauan terluas materi promosi;
    - konten gratis untuk situs web Anda;
    - Statistik link referral canggih dalam Kabinet Mitra Anda;
    - website siap pakai bebas untuk kenyamanan Anda;
    - bonus kupon untuk mendorong pedagang;
    - kampanye - "$ 500 Afiliasi Reward!";
    - hadiah untuk mitra: undian dari gadget mobile (iPad, iPhone, Blackberry, atau Samsung Galaxy Tab);
    - berbagai pilihan sistem pembayaran untuk account pengisian dan penarikan dana;
    - dukungan dan pendekatan individu untuk setiap mitra.

    Menjadi afiliasi sekarang dan mendapatkan materi informasi untuk situs web Anda dengan link afiliasi terintegrasi!
    Kami akan senang untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan Anda. Terima kasih.

    Dengan hormat,
    Lauren
    Partner Department Consultant


    Phone/WA: +628119105674
    Facebook: Lorenifx Ifx
    https://www.instaforex.com
    InstaForex Partners Facebook Page
    InstaForex Partners Twitter
    InstaForex Partners Google+

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Followers