Saturday, 24 October 2015

Sifat, Isi, Tujuan, dan Fungsi Laporan Keuangan

    Sifat Laporan Keuangan, Isi Laporan Keuangan, Tujuan Laporan Keuangan, dan Fungsi Laporan Keuangan. Untuk lebih jelasnya, pembahasan mengenai Sifat Laporan Keuangan, Isi Laporan Keuangan, Tujuan Laporan Keuangan, dan Fungsi Laporan Keuangan yaitu sebagai berikut.

Sifat Laporan Keuangan, Isi Laporan Keuangan, Tujuan Laporan Keuangan, dan Fungsi Laporan Keuangan

1. Sifat Laporan Keuangan
    Laporan Keuangan yang merupakan salah satu informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan mempunyai sifat-sifat berikut.
a. Laporan keuangan adalah laporan yang bersifat periodik (dibuat dalam kurun waktu tertentu) sehingga bukan laporan final tentang kondisi keuangan perusahaan.
b. Laporan keuangan berdasarkan asumsi bahwa perusahaan akan berjalan terus (going concern). Hal ini berdampak bahwa aktiva tetap disajikan berdasar harga historis dikurangi akumulasi depresiasinya. Angka yang tercantum hanya sebesar nilai buku yang belum tentu sama dengan harga pasar atau nilai gantinya aktiva tersebut.
c. Laporan keuangan tidak dapat mencerminkan berbagai faktor yang dapat memengaruhi posisi keuangan perusahaan selama faktor tersebut tidak dapat dinyatakan dengan nilai uang.
d. Adanya beberapa alternatif metode yang bisa dipilih dalam penyusunan laporan keuangan, sehingga dimungkinkan data yang sama memberikan hasil yang berbeda karena penggunaan metode yang berbeda.

2. Isi Laporan Keuangan
   Dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK) disebutkan bahwa laporan keuangan yang lengkap adalah sebagai berikut.
a. Neraca (Balance Sheet)
   Neraca adalah laporan yang berkaitan langsung dengan pengukuran posisi dan struktur keuangan perusahaan. Neraca dibagi dalam dua kelompok besar yaitu aktiva (yang berisi aktiva/asset perusahaan) dan pasiva (yang berisi kewajiban dan ekuitas perusahaan).
b. Laporan Laba/Rugi (Income Statement)
   Laporan laba/rugi adalah laporan yang berkaitan dengan pengukuran kinerja (prestasi) perusahaan selama kurun waktu tertentu. Laporan ini memuat jumlah penghasilan perusahaan dan biaya-biaya yang terjadi selama kurun waktu tertentu. Dengan mengurangkan beban ke pendapatan tersebut dapat diketahui berapa laba yang berhasil diperoleh perusahaan.
c. Laporan Perubahan Ekuitas (Modal)
   Laporan perubahan ekuitas adalah laporan yang menyajikan perubahan aktiva bersih (aktiva-kewajiban) dalam periode tertentu. Laporan ini menggambarkan jumlah laba atau rugi yang berasal dari kegiatan operasi perusahaan dan perubahan komposisi ekuitas yang berasal dari transaksi pemilik.
d, Laporan Aliran Kas
   Laporan arus kas adalah laporan mengenai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan penggunaan kas tersebut untuk kebutuhan operasional perusahaan. Laporan aliran kas digunakan para pemakai untuk mengevaluasi perubahan aktiva bersih, kemampuan membayar kewajibannya tepat waktu (likuiditas), dan sebagainya.
   Unsur-unsur yang memengaruhi laporan aliran kas adalah sebagai berikut.
1) Aktivitas Operasi
   Aktivitas operasi menyangkut kemampuan perusahaan dalam memperoleh dan menggunakan kas dari operasi kegiatannya. Adapun contohnya adalah penerimaan kas dari hasil penjualan barang dagang, pembayaran upah pekerja, dan sebagainya.
2) Aktivitas Investasi
  Dalam aktivitas investasi akan terlihat kemampuan perusahaan dalam memperoleh dan menggunakan kas dalam kaitannya dengan investasi, seperti penerimaan kas dari penjualan tanah, pengeluaran kas untuk pembelian mesin produksi, dan sebagainya.
3) Aktivitas Pendanaan
   Aktivitas pendanaan memperlihatkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh dan menggunakan kas dalam kaitannya dengan pendanaan perusahaan. Seperti penerimaan kas yang berasal dari pemilik, pengeluaran kas untuk pelunasan pinjaman, dan sebagainya.
e. Catatan Laporan Keuangan
   Catatan atas laporan keuangan merupakan informasi penjelasan rincian jumlah angka-angka yang tertera dalam neraca, laporan laba/rugi, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus kas beserta informasi lainnya.
  Hal-hal yang diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan adalah sebagai berikut.
1) Dasar penyusunan laporan keuangan dan kebijakan akuntansi yang dipilih.
2) Informasi yang diwajibkan oleh Standar Akuntansi Keuangan namun tidak disajikan dalam laporan keuangan.
3) Informasi tambahan yang tidak disajikan dalam laporan keuangan tapi diperlukan dalam rangka penyajian laporan keuangan secara wajar.

3. Tujuan Laporan Keuangan
   Dalam Standar Akuntansi Keuangan, disebutkan bahwa laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen secara berkala setiap periode mempunyai tujuan berikut.
1) Memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja (prestasi) dan aliran kas perusahaan yang berguna bagi pemakai dalam rangka pengambilan keputusan.
2) Sebagai sarana pertanggungjawaban (responsibility) manajemen atas pengelolaan perusahaan selama ini.

4. Fungsi Laporan Keuangan
  Laporan keuangan yang terdiri atas neraca, laporan laba/rugi, perubahan ekuitas, dab aliran kas mempunyai fungsi berikut.
a. Neraca
1) Menunjukkan posisi keuangan suatu perusahaan pada tanggal tertentu.
2) Memberikan informasi tentang alokasi penggunaan dana perusahaan yang merupakan kebijakan investasi perusahaan.
3) Memberikan informasi tentang sumber dana untuk membiayai investasi tersebut.
b. Laporan Laba/Rugi
1) Menilai keberhasilan operasi dan efisiensi manajemen di dalam mengolah kegiatan operasional perusahaan.
2) Menilai profitabilitas (kemampuan menghasilkan laba) dari modal yang diinvestasikan ke dalam perusahaan.
3) Membuat perencanaan laba yang akan diperoleh di masa datang.
c. Perubahan Ekuitas
1) Dapat digunakan untuk mengetahui perubahan aktiva
2) Dapat digunakan untuk mengetahui perubahan kewajiban.
3) Mengetahui kinerja perusahaan
d. Aliran Kas
1) Membantu investor dan kreditur dalam memperkirakan jumlah kas yang akan diterima dalam bentuk dividen, bunga, atau pengembalian pokok dana yang ditanam di perusahaan.
2) Membantu manajemen dalam memperkirakan risiko yang mungkin akan terjadi.
 
Sifat Laporan Keuangan, Isi Laporan Keuangan, Tujuan Laporan Keuangan, dan Fungsi Laporan Keuangan
Sifat, Isi, Tujuan dan Fungsi Laporan Keuangan
Demikian pembahasan mengenai Sifat Laporan Keuangan, Isi Laporan Keuangan, Tujuan Laporan Keuangan, dan Fungsi Laporan Keuangan. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Labels:

1 Comments:

At 29 May 2016 at 20:11 , Blogger Made Sarini said...

Saya sedang belajar Akuntasi dan mencoba merangkum artikel yg memuat info akuntasi dlm blog saya, mohon Info 'jika saya boleh copy artikelnya ' my regards

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home