Kumpulan artikel tentang ekonomi dan ilmu ekonomi serta akuntansi dan manajemen

Makalah Bioteknologi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah
      Bioteknologi yang semakin meningkat merupakan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi, perlu disadari bahwadengan adanya bioteknologi yang semakin berkembang belum menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat suatu negara, karena masihbanyak masyarakat yang tingkat ekonominya rendah sehingga penggunan bioteknologiyang kurang merata.Bergerak dari hal-hal tersebut di atas maka kesempatan ini saya menyusunkarya tulis ilmiah dengan judul bioteknologi.

1.2.Permasalahan

         Sehubungan dengan latar belakang masalah di atas, permasalahn yangdibahas dalam karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut:1.Apakah bioteknologi itu? Faktor-faktor apakah yang mendorong berkembangnya bioteknoligi?2.Ada berapa macam bioteknologi itu?3.Ada berapa macam langkah-langkah utama meningkatkan bioteknologi?

1.3.Tujuan Penulisan
        Tujuan penulisan karya tulis ilmiah:1.Mendeskripsikan pengertian bioteknologi dan menyebutkan faktor-faktor yang mendorong berkembangnya bioteknologi.2.Menyebutkan macam-macam bioteknologi.3.Mendeskripsikan langkah-langkah utama untuk meningkatkan bioteknologi.4.Menjelaskan tujuan bioteknologi.iv
 

BAB III
PEMBAHASAN

3.1.Pengertian Bioteknologi dan Faktor yang Mendukung Berkembangnya Bioteknologi
       Dalam pengertian populer bioteknologi dapat diartikan sebagai penerapanteknik-teknik yang sesuai untuk mendayagunakan organisme dalam (sel, jaringan makhluk hidup) dalam rangka memperoleh hasil yang diinginkan.Adapun cara ilmiah bioteknologi dapat didefenisikan sebagai pendekatanilmiah interdisiplin ilmu untuk mendayagunakan mikroorganisme, tanamandan hewan dalam rangka menghasilkan produk yang dapat berupa senyawakimia. Juga bahkan dengan menghasilkan individu-individu dengan petagenetika baru dengan sifat unggul.Sifat-sifat unggul yang dimaksud adalah produktifitasnya tinggi, mampuhidup dalam kondisi lingkungan yang ekstrim, dan tahan penyakit.Faktor-faktor yang mendorong berkembangnya bioteknologi antara lain:2.Biologi sel, biomokuler, biokimia, mikrobiologi enzim, dan lain-lain.3.Teknik memotong AND, penyambung AND, mengurutkan AND.4.Enzim Ligase (lem biologi), enzim endonuklease (gunting biologi)
Bioteknologi
Bioteknologi

3.2.Macam-macam Bioteknologi
      Ada dua macam bioteknologi yakni:1.Bioteknologi lama atau bioteknologi konvensional.2.Bioteknologi baru atau bioteknologi modern.1.Bioteknologi LamaBiteknologi lama atau lasim disebut dengan bioteknologi konvensionaladalah bioteknologi yang pada umumnya dilakukan dengan manipulasimedia dan kondisi pertumbuhan mikroba/tanaman dan kemudian seleksi.
     Faktor-faktor penentu yang memberi hasil positif sebagaimana yangdiharapkan. Misalnya: Fermentase (pembuatan tempe, bir, nata de coco).2.Bioteknologi BaruBioteknologi baru bisa juga disebut dengan bioteknologi modern, bioteknologi ini dapat dilakukan melalui pemahaman sistem interaseluler dan molekuler untuk digunakan langsung atau dimanipulasi sedemikianrupa elemen-elemennya dalam upaya menghasilkan produk yang bermutu.Misalnya: rekayasa genetika (pencangkokan gen).

3.3.Langkah-langkah Utama dalam Mengembangkan Bioteknologi
     Untuk mengembangkan bioteknologi dengan baik maka perludiperhatikan langkah – langkah utama dalam pengembangannya.Langkah – langkah utama tersebut yakni :a.Bioteknologi, produksi, makanan. b.Bioteknologi asam-asam organis, zat pelarut, dan biomassa di bawah kondisi non steril.c.Proses-proses bioteknologi dibawah kondisi sterild.Aplikasi hasil-hasil keilmuwan baru dalam bioteknologi.

3.4.Tujuan Bioteknologi
     Tujuan utama dari bioteknologi yaitu untuk menghasilkan produk dan jasa yang dapat bermanfaat bagi manusia dan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri dalam rangka meningkatkan hasil-hasil yang ingin dicapai.viii
 

BAB IV
PENUTUP

4.1.Kesimpulan
   1.Bioteknologi merupakan pemanfaatan bahan –bahan biologis ( biasanyamikroorganisme ) dalam proses yang melibatkan keahlian teknik untuk menghasilkan produk dan jasa. Biologi sel, biomokuler, biokimia, teknik memotong ADN, menyambung AND, mengurutkan AND, enzim ligasedan enzim endonuklose.
   2. Ada 2 macam bioteknologi, yakni bioteknologi lama (konvensional) dan bioteknologi baru (modern).
  3.Langkah utama dalam pengembangan bioteknologi yaitu bioteknologi produksi makanan dan tanaman,   bioteknologi asam-asam organik, zat pelarut, biomassa di bawah kondisi non steril dan di bawah kondisi sterilserta aplikasi hasil-hasil keilmuan baru dalam bioteknologi.4.Untuk menghasilkan produk olah jasa merupakan tujuan utama pengembangan bioteknologi.

4.2.Saran 
     Sebaiknya para pemuda dinekali ilmu pengetahuan yang cukup supayacepat diterapkan dalam setiap langkah kehidupannya masing-masing.2.Kita harus menyambut bioteknologi dengan baik sehingga pemanfaatannya dapat kita rasakan dengan sendirinya.
  
1.4. Metode Penulisan
      Karya tulis ini dibuat dengan menggunakan metode pustaka dan metode pengamatan.1.5.
Kegunaan Karya Tulis Ilmiah
    Hasil karya tulis ilmiah ini diharapkan dapat berguna bagi sekjolahkhususnya dalam proses belajar mengajar serta berguna bagi masyarakat umum.Karya tulis ini juga dapat mengembangkan bioteknologi dengan baik dan benar.

1.6.Sistematika Penulisan

    Karya tulis ini tersusun dalam 4 bab, Bab I memuat pendahuluan yang berisi latar belakang permasalahan, tujuan penulisan, metode penulisan. Bab IIlandasan teori yang akan dibahas. Bab III menguraikan pembahasan. Bab IV berisi kesimpulan dan saran.




Makalah Bioteknologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ekawati Zainuddin

0 komentar:

Post a Comment