Friday, 15 August 2014

Kesempatan Kerja

    Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Kesempatan Kerja. Pembahasan mengenai Kesempatan Kerja akan dibahas di bawah ini yaitu sebagai berikut :
 
    Masalah ketenagakerjaan sangat berkaitan dengan kesempatan kerja. Jumlah tenaga kerja yang tinggi harus diimbangi dengan luasnya kesempatan kerja. Jumlah tenaga kerja yang banyak tetapi tidak diimbangi dengan ksesmpatan kerja yang luas, akan mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran.
     Kesempatan kerja bisa diartikan sebagai suatu keadaan yang menunjukkan tersedianya lapangan kerja yang siap diisi oleh pencari kerja. Dari pengertian ini bisa disimpulkan bahwa kesempatan kerja sesungguhnya merupakan permintaan akan tenaga kerja (demand for labour) yang datang dari pihak-pihak yang membutuhkan tenaga kerja, seperti perusahaan dan kantor-kantor pemerintah.
     Pihak pencari kerja disebut juga pihak penawar kerja, yakni pihak yang mencari pekerjaan. Pihak pencari kerja dengan pihak yang membutuhkan tenaga kerja akan bertemu di pasar tenaga kerja.
Tabel Angkatan Kerja
Tabel Angkatan Kerja
     Di Indonesia, kesempatan kerja mengalami penurunan drastis akibat krisi ekonomi tahun 1997. Banyaknya karyawan yang di-PHK merupakan bukti menciutnya lapangan kerja pada saat krisis ekonomi. Pada saat itu, pengangguran telah meningkat kurang lebih 21 %. Dengan demikian, pemerintah harus berusaha keras memperluas kesempatan kerja untuk mengurangi angka pengangguran. Salah satu ukuran keberhasilan pemerintah bisa dilihat dari sukses tidaknya pemerintah menangani masalah ini.
     Demikian pembahasan mengenai kesempatan kerja, semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home