Manfaat Perdagangan Internasional

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Manfaat Perdagangan Internasional. Pembahasan mengenai Manfaat Perdagangan Internasional yaitu sebagai berikut.

 Pengertian Perdagangan Internasional
   Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan hidup manusia semakin meningkat baik jenis, kualitas maupun kuantitas serta bentuknya. Masalah ekonomi muncul karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia yang berupa barang atau jasa sangat terbatas.
   Mengapa manusia melakukan kegiatan ekonomi antarnegara? Yang mendorong terjadinya Perdagangan Internasional adalah adanya kelebihan dan kekurangan produksi barang dan jasa di dalam negeri. Artinya, untuk memenuhi kebutuhan penduduk suatu negara memproduksi barang dan jasa. Produksi untuk komoditas tertentu mungkin berlebih, tetapi untuk komoditas lainnya mungkin kurang atau tidak ada sama sekali. Kelebihan produksi itu dijual atau diekspor ke negara lain. Sementara itu, kekurangan komoditas tertentu didatangkan atau diimpor dari negara lain. Jadi, perdagngan internasional timbul untuk menjual kelebihan produksi dan untuk mengimpor kekurangan produksi.
    Perhatikan contoh hubungan dagang antara Indonesia dan Jepang berikut ini! Indonesia kelebihan dalam produksi minyak, gas, rotan, karet. Kelebihan produksi itu dieskpor atau dijual ke Jepang yang tidak membutuhkan minyak, gas, rotan, dan karet. Sementara itu, Indonesia memerlukan kendaraan bermotor dan alat-alat elektronik. Oleh karena itu, Indonesia mengimpor kendaraan bermotor dari Jepang. Di sini terjadilah hubungan dagang antara Indonesia dan Jepang.

Manfaat Perdagangan Internasional
     Ada banyak manfaat yang didapat dari perdagangan internasional. Manfaat Perdagangan Internasional antara lain sebagai berikut.
  1. Untuk memenuhi kebutuhan akan barang/jasa. Barang/jasa yang tidak dapat dihasilkan dalam suatu negara dapat diperoleh dengan mengadakan perdagangan dengan negara penghasil barang/jasa tersebut.
  2. Dapat memperoleh barang/jasa dengan harga yang lebih murah. Biaya untuk menghasilkan suatu jenis barang/jasa tidak sama pada setiap negara. Ada jenis barang yang dapat dihasilkan suatu negara dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan biaya yang dikeluarkan di negara lain.
  3. Mendorong kegiatan ekonomi dalam  negeri. Terbukanya perdagangan antarnegara akan mendorong setiap negara meningkatkan produksi atau memperluas usahanya. Di samping itu, akan muncul usaha-usaha lain yang berkaitan dengan perdagangan antarnegara. Misalnya, pengangkutan, penyimpanan, periklanan, pengepakan, dan lain-lain.
  4. Memperluas lapangan kerja. Dengan bertambahnya kegiatan-kegiatan ekonomis di dalam negeri, lapangan kerja semakin luas, dan beraneka ragam.
  5. Merupakan sumber pendapatan bagi negara. Melalui kegiatan ekspor impor, pendapatan pemerintah akan meningkat melalui pajak ekspor maupun biaya impor yang dikenakan pada barang yang diperjualbelikan.
  6. Menambah jumlah barang dan kualitas barang.
  7. Memperoleh manfaat dari adanya spesialisasi dalam bentuk keunggulan komparatif dan peningkatan kemakmuran.
  8. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi, yang pada dasarnya bersumber pada skala ekonomis dalam proses produksi, teknologi baru, dan rangsangan bersaing.
  9. Meningkatkan proses tukar-menukar antarnegara.
  10. Meningkatkan devisa negara.
  11. mendorong terjadinya persaingan sehat yang pada gilirannya menimbulkan perkembangan teknologi.
  12. Meningkatkan perluasan pasar (produksi-konsumsi).
   Dengan berbagai keuntungan/manfaat yang diperoleh melalui perdagangan antarnegara, setiap negara akan berubah membuka hubungan dagang dengan negara lain. Tidak ada satu negara pun di dunia ini yang tidak menyelenggarakan perdagangan dengan negara lain. Tentu saja hal ini tidak lepas dari hambatan dan kesulitan.  
 
Manfaat Perdagangan Internasional
Manfaat Perdagangan Internasional
Demikian pembahasan mengenai Manfaat Perdagangan Internasional. Semoga tulisan mengenai Manfaat Perdagangan Internasional ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.


google adsense
Blog, Updated at: 07:02

1 komentar:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agne.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085365566333
    PIN : d2e26405

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Followers