Pengaruh APBN dan APBD terhadap Perekonomian Nasional

Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Pengaruh APBN dan APBD terhadap Perekonomian Nasional. Pembahasan mengenai Pengaruh APBN dan APBD terhadap Perekonomian Nasional yaitu sebagai berikut.

     Kebijakan APBN dan APBD sangat memngaruhi perkembangan perekonomian negara dan daerah. Komposisi APBN dan APBD yang tepat adalah membuat skala prioritas pembangunan secara tepat, sehingga meningkatkan kemajuan ekonomi.
     APBN dan APBD memiliki sisi pengeluaran, yaitu jumlah uang yang akan dibelanjakan oleh pemerintah. Pembelanjaan yang dilakukan oleh pemerintah ini pada akhirnya akan menguntungkan masyarakat secara umum dan pelaku bisnis secara khusus. Contoh, pada APBN ada pos pengeluaran rutin yang terdiri atas gaji pegawai dan pengeluaran rutin. Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah mendapatkan gaji, membelanjakan pendapatannya untuk membeli barang dan jasa yang dibutuhkan. Misalnya, membeli seperti beras yang dihasilkan petani, pakaian yang dihasilkan industri tekstil, sepeda motor yang dihasilkan pabrik sepeda motor, dan lain-lain. Dari satu pos ini saja dapat kita lihat aadanya aktivitas ekonomi yang berantai terus-menerus. Setelah mendapatkan penghasilan dari menjual beras, petani akan menggunakan untuk keperluannya, seperti berobat ke rumah sakit, biaya SPP anaknya, dan lain-lain. 

APBD
APBD
      Selain itu untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah juga membeli dari masyarakat. Untuk pelaksanaan pembangunan fisik seperti gedung sekolah, perkantoran dan jalan, pemerintah akan mengeluarkan anggaran yang pada akhirnya akan menimbulkan suatu aktivitas ekonomi yang berantai.

Demikian pembahasan mengenai Pengaruh APBN dan APBD terhadap Perekonomisn Nasional. Semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.
 


google adsense
Blog, Updated at: 05:08

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers