Saturday, 23 August 2014

Pertumbuhan Ekonomi

    Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Pertumbuhan Ekonomi. Pembahasan mengenai Pertumbuhan Ekonomi akan dibahas yaitu sebagai berikut :

     Menurut Schumpeter, pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan output atau produksi masyarakat yang disebabkan oleh semakin banyaknya jumlah faktor produksi masyarakat tanpa danya perubahan cara-cara atau teknologi produksi itu sendiri. Denagn definisi ini, Schumpeter menekankan pada banyaknya jumlah produksi masyarakat yang dihasilkan. Sementara itu, pengertian lain dari pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan GNP atau GDP tanpa memperhatikan kondisi pertumbuhan penduduk dan perubahan sektor ekonomi. Pendapat diatas memiliki kelemahan, yaitu tidak diperhatikannya pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan sektor ekonomi.
       Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah dengan memacu produksi nasional disatu pihak dan menekan laju pertumbuhan penduduk di pihak lain sebab kalau tidak demikian bisa terjadi keadaan suatu negara pertumbuhan penduduknya dan pertumbuhan produk nasionalnya sama dalam rentangan waktu tertentu. Kalau hal itu yang terjadi sama artinya pembangunan jalan ditempat, artinya roda pembangunan sudah bergulir, tetapi kemakmuran rakyatnya tetap saja seperti semula. Jadi, baru ada pertumbuhan ekonomi apabila laju kenaikan produksi nasional lebih besar dari pertambahan jumlah pendudu. Pertumbuhan ekonomi baru dapat dikatakan telah terjadi kalau angka pertumbuhan itu secara terus-menerus selama jangka waktu tertentu.
Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi
     Indikator bahwa telah terjadi pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari tiga faktor, yaitu produk per kapita, produk nasional, dan laju pertumbuhan penduduk. 

   Demikian pembahasan mengenai Pertumbuhan Ekonomi, semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home