Peran Foreign Direct Investment

Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Peran Foreign Direct Investmen. Salah satu bentuk penanaman modal asing adalah Foreign Direct Investment, yaitu beroperasinya perusahaan asing di dalam negeri. Salah satu contohnya adalah Freeport. Foreign Direct Investment memiliki peran sebagai berikut.

a. Memperluas Kesempatan Kerja
    Badan usaha milik swasta asing banyak membutuhkan tenaga kerja. Tenaga kerja yang digunakan adalah tenaga kerja Indonesia dan sebagian kecil tenaga kerja asing.

b. Mempercepat Alih Teknologi
    Banyak di antara perusahaan swasta asing yang memanfaatkan teknologi yang belum dikuasai orang Indonesia. Melalui orang Indonesia yang bekerja pada perusahaan swasta asing, maka pengetahuan-pengetahuan teknologi itu dapat dikuasai oleh orang Indonesia.

c. Memperbesar Penerimaan Pajak
Peran Foreign Direct Investment
Peran Foreign Direct Investment
    Badan usaha milik swasta asing diharapkan menghasilkan keuntungan. Semakin besar keuntungan yang diperoleh semakin besar pula pajak yang diterima oleh negara, khususnya dari pajak penghasilan.

d. Meningkatkan Ekspor
    Banyak di antara badan usaha milik swasta asing memperoleh barang-barang ekspor. Barang-barang ekspor tersebut mampu meningkatkan jumlah dan mutu barang yang diekspor oleh Indonesia.

Demikian pembahasan mengenai Peran Foreign Direct Investment. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.


google adsense
Blog, Updated at: 17:19

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers