Saturday, 19 September 2015

Peranan Kewirausahaan dalam Perekonomian

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Peranan Kewirausahaan dalam Perekonomian. Pembahasan mengenai Peranan Kewirausahaan dalam Perekonomian yaitu sebagai berikut.

   Kegiatan kewirausahaan dapat dilakukan dalam bidang pendidikan, bidang karier, dan bidang perekonomian. Dalam bahasan selanjutnya, kita hanya akan membahas peranan kewirausahaan dalam bidang perekonomian yaitu setiap usaha yang berhubungan langsung dengan pemenuhan kebutuhan manusia. Usaha pemenuhan kebutuhan ekonomi ini memerlukan aktivitas dalam bidang perekonomian seperti peningkatan pengetahuan berusaha dan pengembangan modal. Aktivitas ekonomi dapat diarahkan pada usaha menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif si pengusaha dengan keluarganya ataupun dengan orang-orang lain, misalnya karyawannya dan begitu pula masyarakat sekitarnya.
     Untuk mencapai keberhasilan dalam aktivitas ekonomi, diperlukan kualitas pribadi yang kuat dan mantap untuk berusaha. Para pengusaha perlu memiliki sikap dan kemauan yang kuat untuk bekerja demi terwujudnya pertumbuhan ekonomi pribadi dan masyarakat. Di samping itu, harus memiliki semangat bertualang dan berani berspekulasi dalam menghadapi persaingan, serta mampu mendayagunakan setiap sumber yang ada, baik material personel maupun finansial.
    Kegiatan wirausaha dalam bidang ekonomi yang bergerak dan bernaung dalam lembaga-lembaga ekonomi, yang berupa perusahaan atau perseroan yang bergerak dalam bidang-bidang produksi, jasa, dan pelayanan. Dalam memilih bidang usaha hendaknya perlu mengadakan pertimbangan yang matang, antara lain sebagai berikut.
  1. Kecakapan berusaha yang kita miliki belum tentu berguna bagi masyarakat sekitarnya.
  2. Kesukaran dalam bidang usaha masa lampau belum tentu dapat diulangi di masa sekarang.
  3. Keberhasilan orang lain dalam suatu bidang usaha belum tentu kita mampu tangani.
  4. Bidang usaha yang dapat berkembang di satu tempat atau satu lokasi belum tentu dapat berkembang di tempat yang lain.
   Oleh karena itu, dalam memilih bidang usaha hendaknya tidak asal ikut-ikutan. Misalnya, Mas Djarot berhasil berdagang jamu didesanya, kemudian Kang Suminta ikut-ikutan pula berjualan jamu di sekitar tempat tinggalnya. Jadi, faktor kemampuan, kecakapan, waktu dan tempat usaha sangat menentukan terhadap keberhasilan suatu usaha.
   Pertimbangan lain yang dapat kita gunakan dalam memilih bidang usaha adalah faktor kesempatan dalam lingkungan. Adapun kesempatan memilih bidang usaha ini dapat tersedia karena hal-hal berikut.
  1. Membanjirnya permintaan masyarakat terhadap produksi tertentu, baik berupa barang maupun jasa.
  2. Kurangnya saingan dalam bidang usaha yang akan kita lakukan.
  3. Adanya kemampuan yang meyakinkan untuk menyaingi usaha yang telah dilakukan orang lain.
  4. Teridentifikasinya permintaan masyarakat terhadap suatu produk, terutama dalam menghadapi hari-hari tertentu seperti menghadapi lebaran, tahun baru, dan sebagainya.
   Di samping hal-hal di atas, perlu juga menjadi pertimbangan dalam menentukan bidang usaha yang akan kita mulai, yaitu
a) keuntungan yang akan diperoleh,
b) permintaan konsumen,
c) modal keuangan,
d) resiko yang mungkin terjadi,
e) tenaga kerja,
f) bahan baku dan bahan mentah,
g) kemampuan mengelola,
h) persaingan,
i) peralatan dan fasilitas produksi,
j) prospek usaha di masa depan,
k) peraturan pemerintah,
l) pemasaran,
m) transportasi, dan sebagainya.
     
Kewirausahaa
Kewirausahaan
   Demikian pembahasan mengenai Peranan Kewirausahaan dalam Perekonomian. Semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home