Definisi Neraca Pembayaran dan Susunan Neraca Pembayaran

    Pembahasan kali ini mengenai Definisi Neraca Pembayaran dan Susunan Neraca Pembayaran. Pembahasan Definisi Neraca Pembayaran dan Susunan Neraca Pembayaran yaitu sebagai berikut.

Definisi Neraca Pembayaran
   Neraca pembayaran (balance of payment) suatu negara merupakan catatan sistematis tentang transaksi ekonomi internasional antara penduduk negara itu dengan penduduk negara lain dalam jangka waktu tertentu. Pengertian penduduk di dalam suatu neraca pembayaran internasional meliputi orang perorangan, badan hukum, dan pemerintah. Orang perorangan yang tidak mewakili pemerintah suatu negara (misalnya para turis) dianggap sebagai penduduk di mana mereka mempunyai tempat tinggal tetap atau tempat memperoleh pengahsilan tetap. Suatu badan hukum dianggap sebagai penduduk dari negara di mana badan hukum tersebut memperoleh status sebagai badan hukum, namun cabang-cabangnya di luar negeri dianggao sebagai penduduk luar negeri. Mengenai badan-badan pemerintah, sudah jelas sebagai penduduk dari negara yang diwakilinya.
   Neraca pembayaran internasional hanyalah mencakup transaksi ekonomi internasional saja. Transaksi-transaksi nonekonomi, misalnya bantuan militer tidak termasuk di dalamnya. Dalam transaksi ekonomi perlu dibedakan antara transaksi debit dan kredit. Transaksi debit merupakan transaksi yang menimbulkan kewajiban untuk melakukan pembayaran kepada penduduk negara lain, sedangkan transaksi kredit adalah transaksi yang menimbulkan hak untuk menerima pembayaran dari penduduk negara lain.
   Transaksi yang dicatat dalam neraca pembayaran dibagi menjadi dua yaitu transaksi berjalan (current account) dan transaksi kapital (capital account). Yang dimaksud dengan transaksi yang sedang berjalan (current account) merupakan transaksi yang meliputi barang-barang dan jasa. Adapun yang dimaksud dengan transaksi kapital (capital account) merupakan transaksi yang menyangkut investasi modal dan emas. Transaksi satu arah (bukan transaksi timbal balik) antara lain pemberian hadiah (gift), bantuan (aid), dan pemberian yang lain dapat digolongkan ke dalam transaksi yang sedang berjalan (transaksi tersendiri). Pos-pos yang terdapat dalam neraca pembayaran antara lain sebagai berikut.
a. Transaksi-transaksi perdagangan, terdiri atas transaksi ekspor dan impor.
b. Transaksi bunga modal dan dividen.
c. Transaksi hadiah dan sumbangan.
d. Transaksi investasi jangka panjang.
e. Transaksi investasi jangka pendek.
f. Transaksi lalu lintas moneter, terdiri atas semua transaksi penerimaan dan pengeluaran emas maupun devisa.
   Negara yang menyusun neraca pembayaran memperoleh manfaat. Manfaat dari adanya pencatatan pembayaran internasional ini adalah sebagai berikut.
a. Untuk mengetahui keadaan keuangan negara yang terkait dengan pembayaran luar negeri.
b. Untuk mengetahui berapa besar sumbangan transaksi ekonomi internasional terhadap penerimaan negara yang bersangkutan.
c. Untuk mengetahui dinamika perdagangan luar negeri.
d. Untuk mengetahui hubungan ekonomi suatu negara dengan negara-negara tertentu.
e. Sebagai sumber data dan informasi untuk melakukan evaluasi dan analisis kebijakan ekonomi.

Neraca Pembayaran
Neraca Pembayaran
2. Susunan Neraca Pembayaran
   Neraca pembayaran dapat disusun dalam bentuk skontro. Berikut ini susunan neraca pembayaran.  
Susunan Neraca Pembayaran
Susunan Neraca Pembayaran 

Demikian pembahasan mengenai Definisi Neraca Pembayaran dan Susunan Neraca Pembayaran. Semoga memberikan manfata bagi pembaca sekalian.


google adsense
Blog, Updated at: 21:27

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers