Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal

     Pembahasan kali ini mengenai Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal. Pembahasan mengenai Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal yaitu sebagai berikut.

Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal
   Kebijakan Fiskal ialah kebijakan penyesuaian di bidang pengeluaran dan penerimaan negara untuk memperbaiki keadaan perekonomian. Kebijakan Fiskal adalah kebiajakn yang dilaksanakan oleh pemerintah dengan menaikkan atau menurunkan pendapatan negara dengan tujuan memengaruhi tinggi rendahnya tingkat pendapatan nasional. 
   Kebijakan Fiskal dapat dibagi menjadi:
1. Kebijakan Fiskal Stabilisasi Otomatis
    Peralatan stabilitasnya:
  •  Perubahan penerimaan pajak otomatis.
  • Tunjangan pengangguran (pembayaran tunjangan)
2. Kebijakan Fiskal Diskresioner artinya kebijaksanaan fiskal yang digunakan pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi yang sedang dihadapi.
   Adapun tujuan kebijaksanaan fiskal adalah:
  • Memperbaiki keadaan ekonomi
  • Mengusahakan kesempatan kerja
  • Menjaga kestabilan harga-harga secara umum.
Macam-macam kebijakan fiskal:
1. Pembiayaan Fungsional (Functional Finance)
    Penerimaan pajak dipakai untuk mengatur pengeluaran swasta, bukan untuk meningkatkan penerimaan oemerintah. Dalam hal ini sektor pajak dengan pengeluaran pemerintah menjadi satu hal yang terpisah.
2. Pengelolaan Anggaran (The Managed Budget Approad)
    Dalam pendekatan ini selalu diusahakan anggaran belanja yang seimbang, sehingga pada masa depresiasi (perekonomian lesu) pengeluaran pemerintah dan penerimaan pajak akan ditingkatkan asal tidak sampai menimbulkan deflasi.
3. Stabilisasi Anggaran Otomatis (The Stabilizing Budget)
   Dalam pendekatan ini penyesuaian otomatis dalam penerimaan dan pengeluaran pemerintah akan membawa perekonomian menjadi stabil tanpa campur tangan pemerintah yang disengaja.
4. Anggaran Belanja Seimbang (Balanced Budget Approad)
   Dalam pendekatan ini, kebijakan anggaran belanja seimbang dilakukan dalam jangka panjang, tetapi ditempuh kebijakan anggaran belanja defisit pada masa depresi dan anggaran belanja surplus pada masa inflasi.
Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal
Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal
   Beberapa macam anggaran yang biasa ditempuh beberapa negara adalah:
a. Anggaran Berimbang
b. Anggaran Surplus
c. Anggaran Defisit
 
    Demikian pembahasan mengenai Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal. Semoga Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal bermanfaat bagi pembaca sekalian.


google adsense
Blog, Updated at: 06:40

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers