Thursday, 15 October 2015

Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

  Pada pembahasan kali ini mengenai Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi. Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi terdiri atas Akumulasi Modal, Pertumbuhan Penduduk, dan Kemajuan Teknologi. Untuk lebih jelasnya pembahasan menngenai Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi yaitu sebagai berikut.

Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi
   Pertumbuhan ekonomi adalah sebagai kenaikan GDP tanpa melihat apakah kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari pertumbuhan penduduk dan juga tanpa melihat apakah ada atau tidaknya perubahan dalam struktur ekonomi maupun nonekonomi.

a. Akumulasi Modal
   Akumulasi modal akan terjadi jika ada penyisihan pendapatan yang ditabung yang kemudian diinvestasikan untuk memperbesar output pada masa yang akan datang. Dengan meningkatnya stok modal, seperti pabrik, mesin-mesin, peralatan, dan barang0barang baru akan meningkatkan output yang kebih besar dalam suatu negara. Sedangkan investasi-investasi lainnya seperti jalan raya, listrik, air, sanitasi, dan komunikasi akan mempermudah dalam kegiatan-kegiatan ekonomi. Di samping itu, untuk menginvestasikan sumber daya juga dapat dilakukan dengan membangun fasilitas-fasilitas irigasi, penggunaan pupuk, dan pembasmi ham penyakit dengan pestisida juga akan bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas lahan per hektar. Semua bentuk investasi ini merupakan cara-cara untuk memperbaiki kualitas sumber daya yang ada.
   Selain investasi yang disebutkan di atas, investasi sumber daya manusia (human investment) juga dapat memperbaiki kualitas sumber daua manusia dengan cara menciptakan sekolah-sekolah formal, sekolah kejuruan, dan programa-program latihan kerja serta berbagai pendidikan informal lainnya.

b. Pertumbuhan Penduduk
   Pertumbuhan penduduk dan kenaikan jumlah angkatan kerja (labour force) secara tradisional dianggap sebagai faktor yang positif dalam merangsang pertumbuhan ekonomi, yang berarti semakin banyak penduduk akan meningkatkan potensi pasar domestik. Namun demikian, peningkatan penawaran tenaga kerja yang cepat di Negara Sedang Berkembang (NSB) yang mempunyai surplus tenaga kerja mempunyai pengaruh yang positif atau negatif terhadap kemajuan ekonomi, bergantung pada kemajuan sistem ekonomi tersebut untuk menyerap dan mempekerjakan tambahan pekerja itu secara produktif.

c. Kemajuan Teknologi
   Menurut para ekonom, kemajuan teknologi merupakan faktor yang paling penting bagi pertumbuhan ekonomi. Klasifikasi kemajuan teknologi ada tiga macam, yaitu netral, hemat tenaga kerja (labour saving), dan hemat modal (capital saving). Kemajuan teknologi yang bersifat netral terjadi jika tingkat output yang dicapai lebih tinggi pada kuantitas dan kombinasi-kombinasi input yang sama.
     Kemajuan teknologi dapat bersifat hemat tenaga kerja atau hemat modal, yaitu tingkat output yang lebih tinggi dapat dicapai dengan jumlah tenaga kerja atau input modal yang sama. Yang termasuk hemat tenaga kerja, misalnya penggunaan mesin-mesin, komputer, traktor, dan alat-alat mekanisme modern lainnya.
   Untuk NSB pada umumnya mempunyai tenaga kerja yang melimpah, maka kemajuan teknologi yang bersifat hemat modal sangat dibutuhkan. Metode produksi yang lebih efisien (biaya produksi rendah) adalah metode produksi yang padat tenaga kerja (labour intensive).
 
Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi
Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi
Demikian pembahasan mengenai Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi. Semoga tulisan yang mengenai Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home