Saturday, 31 October 2015

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

    Pembahasan kali ini mengenai Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional. Adapun Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional yaitu terdiri atas kita dapat mengetahui dan menelaah struktur perekonomian nasional, membandingkan kemajuan perekonomian dari waktu ke waktu, membandingkan perekonomian antarnegara atau antardaerah, dan sebagai landasan perumusan kebijakan pemerintah. Untuk lebih jelasnya, pembahasan mengenai Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional yaitu sebagai berikut.

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional
   Perhitungan pendapatan nasional bertujuan untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu negara dan untuk mendapatkan data-data terperinci mengenai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara selama satu periode.
   Bila ditinjau lebih jauh lagi, manfaat yang dapat diperoleh dari perhitungan pendapatan nasional adalah sebagai berikut.

A. Mengetahui dan Menelaah Struktur Perekonomian Nasional
    Data pendapatan nasional dapat digunakan untuk menggolongkan suatu negara menjadi negara industri, pertanian, atau jasa. Contohnya, berdasarkan perhitungan pendapatan nasional dapat diketahui bahwa Indonesia termasuk negara pertanian atau agraris, Jepang merupakan negara industri, Singapura termasuk negara yang muncul di sektor jasa, dan sebagainya.
   Di samping itu, data pendapatan nasional juga dapat digunakan untuk menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekonomian terhadap pendapatan nasional, misalnya sektor pertanian, pertambangan, industri, perdagangan, jasa, dan sebagainya.

B. Membandingkan Kemajuan Perekonomian dari Waktu ke Waktu
   Umumnya data pendapatan nasional dibuat setiap tahun sehingga dapat digunakan untuk membandingkan besarnya pendapatan nasional suatu negara dari tahun ke tahun. Perbandingan dilakukan biasanya tidak hanya berdasarkan harga berlaku, tapi juga dengan metode perbandingan data berdasarkan harga tetap atau konstan, dengan menggunakan sebuah tahun dasar sebagai tolak ukur. Hal ini disebabkan karena perbandingan pendapatan nasional berdasarkan harga berlaku mungkin saja terkena pengaruh inflasi, sehingga setiap kenaikan yang terjadi bisa jadi disebabkan oleh adanya inflasi dari tahun ke tahun. Dengan menggunakan metode harga konstan, maka kita akan dapat melihat gambaran kemajuan pendapatan pendapatan nasional yang sebenarnya (riil).

C. Membandingkan Perekonomian Antarnegara atau Antardaerah
   Data perhitungan pendapatan nasional selain dapat digunakan untuk membandingkan perekonomian suatu negara dengan negara lain, juga dapat digunakan untuk membandingkan perekonomian antara suatu daerah atau propinsi dengan daerah atau propinsi lainnya. Perhitungan ini berguna untuk menilai seberapa jauh ketertinggalan atau kemajuan perekonomian suatu negara atau daerah dibandingkan dengan negara atau daerah lainnya.
 
Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional
Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional
D. Sebagai Landasan Perumusan Kebijakan Pemerintah
   Data pendapatan nasional dapat digunakan sebagai landasan atau pedoman bagi pemerintah untuk menetapkan kebijakan perekonomian. Dengan mengetahui kontribusi masing-masing sektor perekonomian terhadap pendapatan nasional berikut kemajuan atau kemundurannya, maka pemerintah dapat melihat sektor mana yang masih dapat digali potensinya, sektor mana yang harus mendapatkan prioritas, sehingga pemerintah dapat menentukan kebijakan apa yang harus diambil untuk memperbaiki situasi perekonomian.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home